Google Habiskan Ratusan Miliar untuk Perangi Berita Hoax Virus Corona!
Halaman utama Google Search (photo/Unsplash/Charles Deluvio)
Tech

Google Habiskan Ratusan Miliar untuk Perangi Berita Hoax Virus Corona!

Minggu, 05 April 2020 11:33 WIB 05 April 2020, 11:33 WIB

INDOZONE.ID - Google saat ini tengah berusaha untuk menangkal penyebaran berita hoax terkait virus corona di situs pencarian miliknya. Pihaknya pun sampai mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mengatasi masalah ini.

Baru-baru ini Google diketahui telah menyiapkan data sebesar US$6,5 juta atau setara dengan Rp100 miliar untuk memerangi penyebaran berita hoax terkait virus corona.

Nantinya dana tersebut akan dibagikan ke berbagai lembaga pemeriksa faktar (fact-checker) sehingga lembaga tersebut dapat dengan cepat memeriksa berita virus corona yang beredar di internet.

"Membantu dunia dalam memahami informasi ini memerlukan respons yang luas dari ilmuwan, jurnalis, dan juga tokoh masyarakat," ucap Alexios Mantzarlis selaku Kepala Kredibilitas Berita dan Informasi di Google News Lab seperti yang dikutip dari The Hill.

Selain dibagikan ke lembaga pengecekan fakta, nantinya dana tersebut juga akan digunakan sebagai beasiswa di Universitas Standford untuk membantu para jurnalis yang sedang meliput berita tentang virus corona.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US