OpenAI Berhasil Kembangkan AI yang Dapat Menulis Berita Hoax
photo/Pixabay/OpenAI
Tech

OpenAI Berhasil Kembangkan AI yang Dapat Menulis Berita Hoax

Ferry Andika
Jumat, 08 November 2019 11:13 WIB 08 November 2019, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Perusahaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang didirikan oleh CEO Tesla, Elon Musk beberapa waktu yang lalu telah mengumumkan sebuah hal yang cukup mengejutkan.

Pasalnya OpenAI diketahui telah mengembangkan sebuah algoritma AI yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah berita. Namun berita yang dibuat oleh AI tersebut bukanlah berita fakta melainkan berita palsu atau hoax.

Artificial Intelligence
photo/Pixabay

Tidak diketahui apa tujuan dari OpenAI membuat algoritma AI tersebut. Pasalnya jika saja AI tersebut dibagikan kepada pengguna secara bebas, maka akan banyak tersebar berita hoax di media sosial.

Maka dari itulah pihak OpenAI saat ini tidak merilis AI tersebut secara umum dan hanya dibuat dengan tujuan penelitian. Mungkin saja dengan adanya AI pembuat hoax, mereka dapat membuat sebuah AI baru yang justru dapat menangkal hoax tersebut.

OpenAI
photo/OpenAI

Pihak OpenAI sendiri juga telah mengumumkan bahwa nama dari algoritma AI pembuat hoax tersebut adalah GPT-2. AI tersebut memang sengaja dirancang untuk menjawab pertanyaan, merangkum cerita, dan menerjemahkan teks hoax.

Selain itu OpenAI juga berharap dengan adanya AI ini, para peneliti nantinya dapat melakukan analisis dan penelitian untuk dapat mengembangkan sebuah alat yang dapat memerangi atau setidaknya mendeteksi berita hoax di internet.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Ferry Andika

Ferry Andika

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU