The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Google: 2 dari 3 Pengguna Internet di Indonesia Pernah Alami Kebocoran Data Pribadi
Ilustrasi hacker saat menggunakan laptop (Ilustrasi/Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)
Tech

Google: 2 dari 3 Pengguna Internet di Indonesia Pernah Alami Kebocoran Data Pribadi

Kamis, 04 November 2021 09:29 WIB 04 November 2021, 09:29 WIB

INDOZONE.ID - Berita tentang kebocoran data memang lagi sering diperbincangkan khususnya di Indonesia. Selain karena fasilitas keamanan yang masih belum kuat, kebocoran ini juga terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat tentang keamanan data pribadi.

Hal tersebut dibuktikan melalui riset yang dilakukan oleh Google bersama YouGov di bulan September 2021 dimana disebutkan bahwa 2 dari 3 pengguna internet di Indonesia pernah mengalami kebocoran data atau kenal dengan orang yang mengalaminya.

Riset tersebut pun dilakukan oleh Google dengan mengumpulkan 13.000 responden dari 11 negara di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia.

Product Marketing Manager dari Google Indonesia, Amanda Chan sendiri mengatakan bahwa saat ini juga masih banyak pengguna internet Indonesia yang tetap memakai kata sandi lemah sehingga memperbesar risiko peretasan.

"Kejadian ini tak cukup untuk mendorong pengguna agar mengubah kebiasaan mereka, karena sebanyak 89% pengguna masih memiliki kebiasaan memakai password yang lemah," ucap Amanda.

Google juga menghimbau kepada seluruh pengguna internet agar tidak menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs berbeda. Karena hal tersebut semakin memperbesar risiko terjadinya peretasan jika ada salah satu dari situs tersebut mengalami kebocoran data.

Meskipun begitu, Google melaporkan bahwa terdapat hal positif yang dilakukan pengguna internet khususnya di Asia Pasifik dimana 67% pengguna internet kini telah mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication (2FA) yang membuat proses login menjadi lebih aman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US