The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Sebenarnya Cara Layanan Google Search Bekerja
photo/TheVerge/Alex Castro
Tech

Ini Sebenarnya Cara Layanan Google Search Bekerja

Selasa, 17 Desember 2019 13:44 WIB 17 Desember 2019, 13:44 WIB

INDOZONE.ID - Google saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang menciptakan layanan search engine atau mesin pencari Google yang saat ini banyak digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia.

Namun apakah kalian pernah berpikir bagaimana layanan Google Search ini bekerja? Pasalnya Google Search dapat dengan tepat menampilkan hasil pencarian dengan keyword yang kita tulis di halaman depan situs tersebut.

Sebenarnya cara Google Search beroperasi tidak simpel dan memiliki proses yang panjang. Google diketahui memiliki database yang berisikan miliaran halaman website dengan isi konten yang beragam. Bisa dikatakan bahwa database tersebut merupakan perpustakaan dari Google.

Google Search
GIF Dok. Indozone/Google

Untuk menampilkan halaman website yang dicari pengguna, Google akan menggunakan keyword yang ditulis oleh pengguna dan mencocokkannya dengan database yang dimiliki oleh Google tersebut. Kemudian akan ada beberapa halaman website dengan topik yang ingin kita cari.

Google Search
GIF Dok. Indozone/Google

Namun sebelum ditampilkan, Google terlebih dahulu memeriksa apakah halaman website yang akan ditampilkan tersebut benar-benar memiliki konten yang ingin kita cari atau tidak. Pasalnya banyak orang tak bertanggung jawab yang menulis keyword di halaman website mereka meskipun tidak memiliki informasi apa pun di dalamnya.

Google Search
GIF Dok. Indozone/Google

Setelah itu baru situs-situs tersebut ditampilkan kepada pengguna. Jadi bisa dikatakan bahwa proses pencarian di Google Search sendiri bisa dibilang cukup rumit dan tidak terlalu simpel. Namun berkat bantuan programmer hebat di Google, seluruh proses tersebut dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 1 detik saja! Hebat bukan?

Google Search
GIF Dok. Indozone/Google

Kemudian Google juga memiliki algoritma mereka sendiri yang dapat menentukan halaman website mana yang nantinya akan ditampilkan di baris yang pertama di Google. Namun hal tersebut lebih di tujukan ke topik SEO (Search Engine Optimization).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US