The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jepang Kenalkan Sistem Pelacakan Kontak Covid-19 Pakai Kode QR
Ilustrasi kode QR. (Photo/Ilustrasi/pixabay)
Tech

Jepang Kenalkan Sistem Pelacakan Kontak Covid-19 Pakai Kode QR

Rabu, 03 Juni 2020 00:30 WIB 03 Juni 2020, 00:30 WIB

INDOZONE.ID - Setelah mencabut masa darurat Covid-19, otoritas Jepang telah membuka kembali bar, klub malam dan restoran pada Senin (1/6/2020). Sementara itu, dilansir dari The Japan Times, Selasa (2/6/2020), orang-orang di distrik  Kitashinchi dekat Stasiun Osaka, terlihat bersuka cita menyambut pencabutan masa darurat tersebut.

Setelah itu, banyak warga setempat menikmati santapan dengan suasana yang berbeda. Tak hanya itu, pemerintah Jepang juga telah membekali para pemilik tempat makan dan hiburan dengan sistem pelacakan kontak menggunakan kode QR.

"Semua orang dalam suasana hati yang gembira, dan saya mendapatkan lebih banyak penumpang hari ini daripada sebelumnya," kata Kazuyuki Maeda, seorang sopir taksi di daerah Kitashinchi.

Sedangkan para pemilik usaha baik makanan dan hiburan wajib mendaftarkan diri ke pemerintah, kemudian pemerintah akan mengirimkan kode QR yang dapat mereka cetak dan tampilkan di pintu masuk. Sistem unik ini nantinya memberikan kabar melalui email, jika pelanggar tersebut berada di satu tempat yang sama dengan orang yang terinfeksi Covid-19.

"Dengan mendaftar sistem kode QR ini, kita dapat melacak infeksi dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk kemungkinan adanya gelombang kedua virus corona," kata Gubernur Osaka, Hirofumi Yoshimura lewat akun Twitternya.

Tak hanya itu, penerapan sistem yang dijalan pemerintah Jepang ini juga akan diterapkan di banyak acara baik bertempat di indoor atau outdoor.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US