AI Buatan Google Lebih Pintar Deteksi Kanker Payudara Ketimbang Dokter
photo/REUTERS/Arnd Wiegmann
Tech

AI Buatan Google Lebih Pintar Deteksi Kanker Payudara Ketimbang Dokter

Jumat, 03 Januari 2020 13:40 WIB 03 Januari 2020, 13:40 WIB

INDOZONE.ID - Google baru-baru ini diketahui tengah mengembangkan sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat mendeteksi kanker payudara. Bahkan AI tersebut dapat mendeteksi lebih akurat jika dibandingkan dengan dokter.

AI tersebut dikatakan berhasil dibuat berkat kolaborasi Google dengan berbagai peneliti kanker di seluruh dunia. Para peneliti memberikan hasil scan X-ray milik 25.000 perempuan di Inggris dan 3.000 perempuan di AS.

Google AI
photo/Vox Africa

Kemudian hasil scan tersebut akan dipindai oleh Google sehingga AI yang mereka kembangkan tersebut dapat mengidentifikasi ciri-ciri orang yang terkena kanker payudara dan yang tidak. Tim peneliti juga telah membandingkan hasil pengecekan tersebut dengan hasil medis sebenarnya.

Dikatakan bahwa AI buatan Google tersebut dapat mengurangi false positive dari pendeteksian kanker payudara tersebut sekitar 5,7 persen untuk subjek di Amerika Serikat dan 1,2 persen untuk subjek dari Inggris.

Meskipun dapat memberikan hasil yang lebih baik dari dokter, Google mengatakan bahwa kehadiran AI ini justru tidak akan menggantikan dokter dan bahkan akan membantu mereka dalam melakukan pekerjaannya.

"Mereka membawa kekuatannya masing-masing, ini namanya saling melengkapi" ucap peneliti dari Google, Shravya Shetty.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU