Nielsen Ungkap Streaming Konten Lokal Berjaya di Indonesia

- Kamis, 8 Desember 2022 | 17:51 WIB
Halaman utama vidio.com. (Tangkapan layar Vidio)
Halaman utama vidio.com. (Tangkapan layar Vidio)

Data Nielsen mengungkapkan bahwa streaming dengan menampilkan konten lokal berjaya di Indonesia daripada platform Netflix dan Disney+ Hotstar.

Nielsen meluncurkan Nielsen Streaming Content Ratings, pengukuran pemirsa video lintas media untuk TV linear dan streaming seluler untuk kebutuhan pasar di Indonesia. 

Streaming Content Ratings memberikan wawasan tentang platform dan saluran yang ditayangkan melalui perangkat seluler dan disiarkan melalui rating TV linier, termasuk jangkauan audiens, waktu yang dihabiskan, dan profil demografis yang mencakup 11 kota besar di Indonesia.

Baca Juga: Pokimane & Ninja, Dua Streamer Terbaik Twitch Memutuskan Cabut

Nielsen melakukan survei terhadap 3.700 dengan usia 10 tahun ke atas yang menggunakan smartphone Android pada Juli-Agustus 2022.

Hasil Nielsen Streaming Content Ratings platform Vidio mengungguli Netflix dan Disney+ Hotstar. Selanjutnya, Viu, RCTI+, iQYI, Vision+

“Peningkatan konsumsi mobile streaming didorong oleh platform regional dan lokal,” kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina, Kamis (8/12/2022).

Namun, Hellen memberikan catatan bahwa konten tersebut dapat mengalami perubahan saat Nilsen melakuan survei.

Streaming Meningkat TV

Dalam laporan lainnya, Nielsen Consumer Media dan View Q3 2022 (Indonesia), TV dan internet menjadi dua jenis media dengan jangkauan tertinggi, di mana TV masih mendominasi dengan 81,1% dan internet mengalami pertumbuhan yang signifikan mencapai 76,7%.

-
Netflix. (Tangkapan layar Netflix)

 

Hingga kuartal tiga 2022, pengguna TV masih didominasi usia 40-49 tahun (18%) dan 50+ (23%), sedangkan digital masih didominasi usia 10-19 (22%) dan 20-29 (26%) tahun. Dengan pertumbuhan internet yang tinggi, mengakses video online dan menonton streaming TV juga meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir di semua kelompok umur. 

“Kondisi ini melahirkan kebutuhan industri untuk memiliki pengukuran streaming yang andal. Melalui Streaming Content Ratings, Nielsen membantu industri dalam memahami pemirsa streaming dan bagaimana mereka terlibat dengan konten, memungkinkan pemasar dan penyiar memahami dengan lebih baik lanskap kompetisi untuk mendapatkan atensi audiens,” demikian Nielsen dalam laporannya.

Baca Juga: Perbanyak Partisipasi Pengguna, YouTube Lakukan Strategi Ini

Hellen menegaskan saat ini audiens memiliki lebih banyak pilihan dalam mengakses dan menikmati konten yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga dengan adanya metode pengukuran yang terintegrasi akan memudahkan lembaga penyiaran dan pengiklan untuk menentukan strategi bisnisnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana Lebih Canggih?

Selasa, 26 Maret 2024 | 10:30 WIB

Xiaomi Pad 5 Mulai Kebagian Update HyperOS

Minggu, 24 Maret 2024 | 13:30 WIB
X