The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

India Punya ATM Emas Real-Time Pertama di Dunia, Beli Emas Jadi Makin Gampang!
ATM Emas Goldsikka. (Goldsikka Official)
Tech

India Punya ATM Emas Real-Time Pertama di Dunia, Beli Emas Jadi Makin Gampang!

Kamis, 08 Desember 2022 14:00 WIB 08 Desember 2022, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Automated Teller Machine atau ATM adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller".

Seiring berkembangnya zaman, ATM kini tidak hanya digunakan untuk mengambil atau menyimpan uang saja guys, melainkan bisa untuk membeli emas. Iya, kamu gak salah baca, emas! 

Baca Juga: Kisah Sukses Ilmuwan Penerima Matching Fund 2022, Pemilik Paten Teknologi Broadband

Mengutip dari India Today, ATM Goldsikka merupakan ATM Emas pertama di India dan ATM emas real-time pertama di dunia yang memungkinkan orang untuk menarik koin emas seperti uang tunai dari ATM dengan hanya dengan menggunakan kartu debit atau kredit mereka.

ATM Emas
Peluncuran ATM Emas di India. (Goldsikka)

ATM emas baru-baru ini diluncurkan di Begumpet, Hyderabad, India. 

Goldsikka Pvt Ltd, perusahaan distributor emas, meluncurkan ATM emas pertamanya pada 3 Desember 2022 lalu, lewat kerja sama dengan M/s OpenCube Technologies Pvt Ltd- sebuah startup yang berbasis di Hyderabad untuk dukungan teknologi

Menurut keterangan resmi perusahaan, ATM emas memungkinkan nasabah membeli emas tanpa harus pergi ke toko perhiasan fisik. Canggih banget kan, guys? 

ATM emas tersedia 24/7 dan memungkinkan pelanggan membeli emas sesuai budget yang mereka miliki. Mesin ATM ini memiliki kapasitas penyimpanan 5 kg emas dan menawarkan delapan pilihan untuk jumlah emas, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram.

"ATM Emas merupakan cerminan dari permintaan konsumen. ATM Emas ini memasok dalam denominasi mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram," kata perusahaan dalam keterangannya, dikutip dari India Today

"Semua mata uang emas yang ditemukan di ATM Emas adalah emas 24 karat, yang dianggap sebagai jenis emas paling murni. Selain itu, ini menampilkan harga emas saat ini untuk memberi tahu klien tentang perubahan di pasar. Koin emas tersedia dalam denominasi mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. Tidak seorang pun dapat membeli kurang dari 0,5 gram atau lebih dari 100 gram," sambungnya. 

Perusahaan mengklaim, peluncuran mesin ATM ini dapat membuat masyarakat dapat membeli emas dengan harga serendah mungkin dan agar dapat diakses oleh lebih banyak orang. 

Baca Juga: Polisi China Razia Ponsel Warga, Pastikan Tak Install Twitter, Google dan Instagram

Selain kartu debit dan kredit, perseroan juga menawarkan smart card prabayar dan pascabayar yang dapat digunakan untuk membeli emas. Dengan begini, maka pembeli dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan mereka. 

Jadi gimana guys? Jika mesin ATM emas hadir di Indonesia, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US