China akan Jadi Negara Pertama yang Rilis Mata Uang Digital Sendiri
photo/REUTERS/Dado Ruvic
Tech

China akan Jadi Negara Pertama yang Rilis Mata Uang Digital Sendiri

Ferry Andika
Kamis, 07 November 2019 09:48 WIB 07 November 2019, 09:48 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini masih banyak negara-negara di dunia yang masih belum mengakui kehadiran mata uang digital dan ragu dengan sistem yang dimiliki oleh mata uang tersebut. Contohnya adalah India dan Eropa.

Namun ditengah-tengah keraguan tersebut, China diketahui langsung mengambil langkah yang cukup berani dengan meluncurkan mata uang digital domestik mereka sendiri yang akan diawasi oleh industri jasa keuangan dunia.

Tentunya hal tersebut menjadikan China sebagai negara pertama yang memiliki mata uang digital mereka sendiri. Selain itu nantinya Bank of China juga akan mengawasi perkembangan dan sistem mata uang tersebut ketika diluncurkan.

Bitcoin
photo/REUTERS/Dado Ruvic

Nantinya pihak Bank of China akan mengeluarkan mata uang digital tersebut pertama kali ke bank-bank komersial dan lembaga yang ada di China. Setelah itu, mata uang digital tersebut baru akan dikirimkan ke masyarakat umum agar dapat digunakan.

Kepala riset mata yang digital bank pusat China, Mu Changchun juga mengatakan bahwa nantinya para pengguna mata uang digital ini juga tidak akan menerima pembayaran bunga. Maka dari itu tidak ada kemungkinan adanya inflasi dan implikasi pada kebijakan moneter.

"Mengingat proyek mata uang digital ini dirancang untuk menggantikan uang kertas dan koin, para pemegang mata uang tersebut nantinya tidak akan menerima pembayaran bunga sama sekali" ucap Mu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Ferry Andika

Ferry Andika

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU