Waduh! 56 Aplikasi Android Ini Terinfeksi oleh Malware Berbahaya
Ilustrasi smartphone (Ilustrasi/Unsplash/Rodion Kutsaev)
Tech

Waduh! 56 Aplikasi Android Ini Terinfeksi oleh Malware Berbahaya

Jumat, 27 Maret 2020 11:28 WIB 27 Maret 2020, 11:28 WIB

INDOZONE.ID - Tidak ada habisnya jika kita berbicara tentang aplikasi Android yang berisi malware berbahaya. Ya, pasalnya saat ini aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut tetap ada dan bertambah meskipun sudah dihapus oleh pihak Google Play Store.

Baru-baru ini peneliti keamanan dari Check Point Research telah melaporkan ada 24 game anak-anak dan 32 aplikasi utilitas Android yang dibekali dengan malware berbahaya.

Ilutrasi malware
Ilutrasi malware (Ilustrasi/Pixabay/Gerd Altmann)

Malware yang diberi nama Tekya tersebut diketahui memiliki fokus yang beragam seperti aksi penipuan berbasis iklan dan juga fake click. Tentu malware ini cukup berbahaya jika sampai menginfeksi ponsel pengguna.

Jika digabungkan, maka 56 aplikasi tersebut sudah diunduh oleh 1 juta orang dari seluruh dunia sampai saat ini. Maka dari itulah pihak Check Point Research berusaha untuk melaporkan aplikasi tersebut kepada Google.

"Malware Tekya menyembunyikan kode aslinya untuk menghindari sistem deteksi Google Play Protect dan memanfaatkan mekanisme 'MotionEvent' untuk meniru tindakan pengguna dan menghasilkan fake click," tulis laporan tersebut.

Buat kalian yang ingin melihat daftar aplikasi dan game yang terinfeksi oleh malware Tekya ini dapat melihatnya secara lengkap melalui situs berikut ini ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US