The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Konten TikTok agar Bisa FYP, Gak Boleh Asal Buat!
Ilustrasi TikTok. (Dok. Freepik/myriammira)
Tech

Tips Konten TikTok agar Bisa FYP, Gak Boleh Asal Buat!

Kuncinya ada di retention time!

Kamis, 11 Agustus 2022 15:34 WIB 11 Agustus 2022, 15:34 WIB

INDOZONE.ID - Jika kamu seorang content creator atau pembuat konten TikTok, tentu sudah menjadi kewajiban jika konten yang disuguhkan harus masuk FYP atau For Your Page, di mana video kamu akan ditampilkan pada halaman pertama TikTok bersama dengan video-video viral lainnya.

Nah ternyata, ada satu tips dari Iben (@iben_ma) yang terkenal sebagai pembuat konten di TikTok agar video yang di-posting dapat ditonton oleh banyak orang hingga FYP. Tips tersebut ia bagikan saat menjadi bintang tamu di channel YouTube Samuel Christ.

Dalam videonya itu, Iben mengungkapkan jika inti agar video masuk FYP itu adalah Retention Time.

"Inti biar video lu masuk fyp itu tu adalah Retention Time," tegas Iben.

"Retention Time itu apa? Retention Time itu seberapa video lu ini ditonton sama orang sampai habis. Semakin Retention Time lu gede, views lu semakin gede," lanjutnya.

Ia pun memberikan perumpaan bagaimana sistem Retention Time di TikTok bekerja.

"Intinya tu adalah kalau video lu ditonton 1.000 orang, 1.000 orang itu ngerasa bahwa video lu ini bagus dan dia tonton sampai akhir, itu video akan disebarin lagi ke 10.000 orang. Terus nanti dari 10.000 orang dilihat lagi kalau misalkan mereka nonton sampai habis disebarin lagi ke 100.000 orang, which is ada presentasenya yang harus dicapai disitu," ucap Iben.

Dari penjelasan Iben, bisa disimpulkan jika TikTok akan melihat terlebih dahulu berapa banyak orang yang menonton suatu konten sampai habis sebelum mengklasifikasikannya sebagai konten yang layak masuk ke FYP.

Selain itu, jika konten yang disuguhkan ditonton berulang-ulang kali, maka kemungkinan konten kamu masuk ke FYP semakin besar.

Maka dari itu, kamu harus memikirkan terlebih dahulu bagaimana membuat suatu konten yang menarik agar dapat ditonton berulang-ulang kali oleh para audiens. So, mulai sekarang jangan asal buat konten ya guys!

@miliardermudaindonesia Tips agar video masuk FYP di Tiktok ! #serunyabelajar #iben #miliardermudaindonesia ? suara asli - DENII

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Bagas Aulia Ananto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US