The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apple Sudah 'Bakar' Miliaran Rupiah untuk Buat Robot, Tapi Belum Sukses
Robot Daisy buatan Apple (photo/Dok. Apple)
Tech

Apple Sudah 'Bakar' Miliaran Rupiah untuk Buat Robot, Tapi Belum Sukses

Selasa, 09 Juni 2020 10:44 WIB 09 Juni 2020, 10:44 WIB

INDOZONE.ID - Apple saat ini dikenal sebagai perusahaan teknologi terkenal yang memproduksi banyak perangkat mulai dari smartphone, laptop, hingga speaker. Tapi sampai saat ini seluruh proses produksi perangkat Apple masih dilakukan oleh manusia.

Apple pun sudah berusaha untuk mengembangkan sebuah robot yang dapat dipakai untuk memproduksi perangkat mereka secara otomatis dengan tujuan untuk mengurangi jumlah sumber daya manusia. Sayangnya hal tersebut belum berhasil.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari The Information, Apple diketahui telah menghabiskan jutaan dolar dalam waktu bertahun-tahun untuk menciptakan robot tersebut.

Robot Daisy buatan Apple
Robot Daisy buatan Apple (photo/Dok. Apple)

Hanya saja sampai saat ini Apple masih belum bisa menciptakan robot yang terbukti efektif dalam menghasilkan perangkat yang memenuhi standar mereka. Sebelumnya Apple sendiri sudah pernah melakukan percobaan pada tahun 2012 dimana mereka menggunakan robot untuk memproduksi perangkat iPad miliknya.

Sebelumnya banyak engineer di Apple yang juga menganggap bahwa manusia masih lebih efektif untuk melakukan hal-hal sulit seperti memasang komponen kecil di perangkat. Pasalnya proses ini tentu membutuhkan robot khusus yang memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Sampai saat ini Apple hanya berhasil membuat sebuah robot bernama Daisy yang digunakan untuk membongkar perangkat iPhone bekas dan mengambil komponen-komponen yang bisa didaur ulang lagi oleh Apple.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US