The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Perbincangan Warganet, Ini Resiko Menggunakan WhatsApp Aero 
Tampilan logo aplikasi WhatsApp di smartphone (Ilustrasi/Unsplash/Mika Baumeister)
Tech

Jadi Perbincangan Warganet, Ini Resiko Menggunakan WhatsApp Aero 

Jumat, 07 Januari 2022 15:38 WIB 07 Januari 2022, 15:38 WIB

INDOZONE.ID - Akhir-akhir ini, WhatsApp Aero jadi perbincangan sebagian warganet pengguna media sosial. Tak lain tentang membincangkan keunggulan hingga resiko menggunakan aplikasi WhatssAp Aero. 

Seperti diketahui dari Antara, WhatsApp Aero merupakan aplikasi modifikasi atau sering disebut aplikasi WhatsApp MOD, yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan memodifikasi fitur dan sistem yang ada di WhatsApp versi orisinal.

Maka wajar saja aplikasi WhatsApp Aero hanya bisa diunduh di toko aplikasi pihak ketiga atau di luar tempat resmi seperti Google Play Store dan Aplle App Store. Hal ini juga dikarenakan, dari berbagai seumber mengatakan aplikasi WhatsApp MOD ini tidak bersifat resmi.

Maksudnya, aplikasi tersebut bukan dikeluarkan oleh pengembang aslinya yakni Meta. Di mana Meta merupakan induk perusahaan WhatsApp.

Oleh karena itu, para pakar keamaan siber selalu mengingatkan pengguna aplikasi untuk menggunduh aplikasi seperti WhatsApp dari tempat resmi seperti Google Play Store dan Aplle App Store. 

Hal ini diingatkan karena sudah banyak riset yang menemukan aplikasi yang diundu dari tempat tidak resmi bisa disusupi malware atau spyware. Bahkan resiko keamanan lainnya, sering kali ditemui aplikasi yang diunduh dari tempat tidak resmi terlalu banyak meminta izin akses, yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan layanan yang diberikan. 

Contonya, akses berlebihan dalam sebuah aplikasi pinjaman online ilegal, yang bisa menyusup atau mengakses semua nomor kontak yang ada diponsel pengguna. 

Dikutip dari world-today-news.com, resiko menggunakan WhatsApp Aero adalah keamanan data pengguna. Meskipun aplikasi tersebut sudah memiliki sistem keamanan enkripsi end-to-end, tetapi pihaknya tidak memberikan dan tidak menyebutkan adanya jaminan akun pengguna aplikasi tersebut tidak akan diblokir.

Selain itu, aplikasi WhatsApp Aero ini tidak resmi dikeluarkan oleh Meta, maka rentan sekali untuk diretas. Bahkan, pihak WahatsApp resmi sudah mengingatkan agar bagi pengguna aplikasi WhatsApp MOD akan diblokir sementara dan bisa blokir permanen. 

"jika anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa WhatsApp akun anda "Diblokir Sementara, ini berarti kemungkinan anda menggunakan versi WahtsApp yang tidak didukung aplikasi WhatsApp resmi," kata pihak WhatsApp. 

Sanksi itu diberikan oleh pihak WhatsApp karena aplikasi WhatsApp Aero dinilai telah melanggar aturan pelayanan dari WhatsApp. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
JOIN US
JOIN US