The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pesawat Boeing 747 Masih Gunakan Floppy Disk untuk Dapatkan Update Software
Ilustrasi Floppy Disk dan juga pesawat terbang (photo/Unsplash/Fredy Jacob/Ethan McArthur)
Tech

Pesawat Boeing 747 Masih Gunakan Floppy Disk untuk Dapatkan Update Software

Penggunaan Floppy Disk ternyata masih eksis sampai saat ini!

Kamis, 13 Agustus 2020 14:31 WIB 13 Agustus 2020, 14:31 WIB

INDOZONE.ID - Sebelum era dimana CD, DVD, dan juga flashdisk muncul, para pengguna komputer di seluruh dunia masih menggunakan sebuah benda yang bernama Floppy Disk atau Disket dengan bentuk persegi.

Banyak orang yang berpikir bahwa saat ini penggunaan Floppy Disk sendiri sudah tidak ada lagi. Pasalnya jenis memori tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak ada komputer modern saat ini yang memiliki slot untuk membaca Floppy Disk lagi.

Namun ternyata penggunaan Floppy Disk belum benar-benar musnah, diketahui bahwa sampai saat ini perangkat lawas tersebut masih dipakai oleh pesawat Boeing 747. Hal tersebut pun dibuktikan oleh para peneliti dari Pen Test Partners saat mereka sedang menelusuri pesawat Boeing 747-400 milik British Airways yang kini masih digunakan.


Disebutkan bahwa pesawat tersebut sampai saat ini masih membutuhkan Floppy Disk untuk melakukan update software. Bahkan dalam waktu 28 hari sekali, petugas harus melakukan update software terhadap pesawat tersebut secara manual.

Petugas diketahui biasanya membawa sekitar 8 Floppy Disk yang berisikan update software untuk pesawat tersebut. Tentunya hal tersebut membuat banyak orang terkejut karena banyak yang sudah mengira bahwa saat ini Floppy Disk sudah menjadi benda mati tanpa manfaat lagi.

Lagi pula hal tersebut juga disebabkan karena pesawat Boeing 747 sendiri juga termasuk sebagai pesawat model lama yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1968 lalu. Pada tahun itu penggunaan Floppy Disk sendiri masih sangat banyak digunakan dan dianggap sebagai benda yang cukup modern.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US