The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fungsi Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Pemilik Bisnis atau Usaha
Google My Business (revgenapps.com)
Tech

Fungsi Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Pemilik Bisnis atau Usaha

Kamis, 17 September 2020 11:26 WIB 17 September 2020, 11:26 WIB

INDOZONE.ID - Sudahkah kamu mendaftarkan bisnis di Google Bisnis? Terus, apa sih sebenarnya manfaat dan fungsi Google Bisnisku (My Google Business) ini? Apakah memberi pengaruh pada perkembangan bisnis ke depannya?

Kamu bisa mengetahui apa saja fungsi Google Bisnisku dalam artikel ini, terutama bagi para pemilik bisnis atau usaha.

Salah satu fungsi Google Bisnisku yaitu memungkinkan kamu mendapat informasi seputar bisnis, berinteraksi dengan konsumen lewat review dan tanya-jawab.

Selain itu, keuntungan membuat Google Bisnis dapat membantu customer menemukan lokasi dan alamat bisnis kamu di Google Maps. Tentunya, profil Google Bisnis harus diisi lengkap dan teroptimasi, ya.

Fungsi Google Bisnisku Bagi Pemilik Bisnis atau Usaha

manfaat fungsi Google Bisnisku Google My Business
Google My Business (revgenapps.com)

Google Bisnisku merupakan layanan gratis bagi para pebisnis. Layanan ini dikembangkan oleh perusahaan Google, rilis awal sejak Juni 2014.

Dengan membuat akun Google Bisnis, kamu bisa melihat dan menjangkau para pelanggan, memposting pembaharuan terkait Profil Bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, dan memungkinkan pelanggan menemukan lokasi bisnismu melalui situs bisnis di Google Maps.

Ada beberapa fungsi Google My Business atau Google Bisnisku bagi kamu pelaku bisnis maupun konsumen, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Sebagai sumber informasi bisnis

Keuntungan membuat Google Bisnis salah satunya bisa menjadi sumber informasi terkait bisnis, mulai dari jam buka, situs website bisnis, nomor telepon, dan lokasi bisnis/usaha.

2. Memudahkan interaksi dengan pelanggan

Fungsi Google Bisnisku bisa sebagai alat interaksi pemilik usaha dengan para pelanggan. Dengan Google Bisnis, pelanggan bisa menuliskan ulasan tentang kepuasaannya terhadap layanan/produk bisnismu.

3. Alat promosi produk bisnis kepada pelanggan

Karena memang diperuntukkan untuk bisnis atau usaha, Google Bisnis sangat memudahkan proses pemasaran dan promosi produk usaha kamu.

Apalagi, kalau kamu memasukkan foto-foto berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, kamu selangkah membangun citra bisnis yang baik di mata pelanggan.

Tak hanya pelanggan lama, bahkan pelanggan baru pun akan tergerak mengunjungi situs bisnis kamu melalui pencarian Google Search di internet.

Cara Mendaftar dan Membuat Google Bisnisku

cara mendaftar membuat Google Bisnisku Google My Business
Laman Google Bisnisku (google.com)

Setelah mengetahui pentingnya Google Bisnisku dalam mengembangkan usaha atau bisnis, lalu bagaimana cara mendaftar Google Bisnisku tanpa dipungut biaya alias gratis?

Jika kamu tertarik untuk membuat Google Bisnis, berikut tahapannya dilansir Indozone dari blog resmi Google Support:

  • Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun Google. Lebih ideal lagi, jika kamu memiliki email bisnis. Namun jika belum ada, boleh saja menggunakan akun Gmail kamu sendiri.
  • Lakukan 'Sign In' ke akun Google kamu. Kemudian, kunjungi halaman Google Bisnisku atau Google My Business di https://www.google.com/business/ .
  • Setelah berhasil login (masuk), silahkan masukkan nama bisnis beserta alamat lengkap bisnis (kantor) kamu.
  • Sebagai pemilik bisnis dan pengguna layanan Google Bisnis, kamu akan diminta menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps. Tujuannya untuk memudahkan konsumen menemukan lokasi bisnismu.
  • Tentukan pilihan kategori bisnis apa yang paling sesuai dengan bisnis yang dikelola. Misalnya, kamu mengelola perusahaan media di Jakarta, maka pilih kategori bisnis 'perusahaan media'.
  • Kategori bisnis yang tepat akan memudahkan konsumen mengunjungi lokasi bisnis kamu. Jadi, jika konsumen mencari 'perusahaan media di Jakarta' di Google, informasi tentang bisnis tersebut akan muncul.
  • Setelah memasukkan kategori bisnis, tambahkan pula informasi kontak bisnis kamu secara detail, berupa nomor telepon atau ponsel yang bisa dihubungi.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan URL situs bisnis yang didaftarkan di Google Bisnis. Jika belum ada, bisa pilih opsi 'Saya tidak butuh situs'.
  • Verifikasi akun Google Bisnisku. Klik 'Lanjutkan' atau 'Next' pada bagian 'Memverifikasi hubungan Anda dengan bisnis ini'. Kemudian pilih cara verifikasi, yaitu 'Kartu pos melalui surat' atau 'Verifikasi nanti'.
  • Jika kamu memilih verifikasi Google Bisnisku dengan kartu pos, nantinya pihak Google akan mengirim surat ke alamat bisnis yang sudah kamu masukkan di awal cara membuat Google Bisnis tadi.
  • Selama proses verifikasi, kamu tidak bisa mengedit informasi yang sudah ditulis sebelumnya. Jadi, sebisa mungkin cek kembali informasi yang sudah dimasukkan. Apabila ada informasi yang salah, kamu dapat mengeditnya sebelum tahap verifikasi.
  • Cara mengedit akun Google Bisnis yaitu dengan membuka Menu dan klik 'Kelola Lokasi', klik 'Info' dan''Edit' kemudian masukkan informasi yang sesuai.
  • Jika kamu memilih verifikasi dengan kartu pos, pihak Google akan mengirimkan kartu pos ke alamat bisnismu dalam waktu 12 hari.
  • Setelah menerima kartu pos dari Google, lakukan login kembali ke akun Google Bisnisku, pilih opsi 'Manage Location'. Klik tombol 'Enter Code' di banner biru. Masukkan kode verifikasi 5 digit dan klik 'Submit'.
  • Selanjutnya, kamu akan menerima notifikasi bahwa profil bisnis di Google Bisnisku milik kamu sudah diverifikasi.
  • Google akan mengarahkan kamu untuk membuka sebuah window baru berisi detail bisnis kamu. Centang box pada tulisan 'I am authorized to manage this business and I agree to the Terms of Service'. Kemudian, klik 'Continue'.

Itulah akhir dari cara membuat Google Bisnis. Dengan begitu, profil Google My Business kamu sudah selesai dibuat.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa informasi lain seperti deskripsi bisnis, foto-foto lokasi atau toko, jam operasional, fasilitas dan lainnya, ya!


Demikian ulasan singkat seputar Google Bisnis (Google My Business) yang perlu kamu ketahui, mulai dari apa itu Google Bisnis, fungsi Google Bisnisku, manfaat Google Bisnisku, dan cara membuat Google Bisnis. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US