The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Astronom India Temukan Kumpulan Bintang yang Lebih Panas dari Matahari!
Ilustrasi permukaan Matahari (Ilustrasi/Unsplash/NASA)
Tech

Astronom India Temukan Kumpulan Bintang yang Lebih Panas dari Matahari!

Selasa, 23 November 2021 14:49 WIB 23 November 2021, 14:49 WIB

INDOZONE.ID - Matahari memang menjadi salah bintang yang sangat panas dengan suhu lebih dari 5000 derajat celsius. Tapi ternyata masih ada bintang lain yang bahkan memiliki suhu lebih panas seperti yang ditemukan oleh para astronom asal India ini.

Dikutip dari WIO News, sekelompok astronom dari Pune, India telah menemukan 8 bintang yang masuk ke dalam kelas langka yaitu Main-sequence Radio Pulse (MRP) dan memiliki suhu sedikit lebih panas daripada suhu Matahari.

Sekedar informasi MRP sendiri biasanya digunakan sebagai klasifikasi bintang yang memiliki suhu lebih panas dari Matahari. Bintang tersebut juga memiliki medan magnet yang lebih besar. Bintang pertama berjenis MRP sendiri ditemukan pada tahun 2000.

Bintang-bintang tersebut pun ditemukan dengan menggunakan Giant Metrewave Radio Telescope (GMRT) yang saat ini sudah mendapatkan upgrade sehingga memiliki bandwidth lebih lebar dan juga sensitivitas yang lebih tinggi.

Sebenarnya para astronom tersebut tidak hanya menemukan 8 bintang yang lebih panas dari Matahari tersebut saja, dengan menggunakan GMRT, kini para astronom itu sudah menemukan 11 bintang dengan kelas MRP.

"Penemuan-penemuan ini menjadi buah dari survei yang sedang berlangsung menggunakan GMRT, yang diluncurkan secara spesifik dengan tujuan memecahkan misteri dari MRP di luar angkasa," ucap astronom yang menemukan MRP tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US