The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Jenis-jenis Sistem Operasi Mobile yang Ada Saat Ini
photo/wccftech
Tech

Inilah Jenis-jenis Sistem Operasi Mobile yang Ada Saat Ini

Rabu, 27 November 2019 13:46 WIB 27 November 2019, 13:46 WIB

INDOZONE.ID - Sistem operasi adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) sistem yang berfungsi untuk mengatur perangkat keras dan juga perangkat lunak lainnya. Saat ini banyak jenis sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi.

Dari banyak sistem operasi yang ada saat ini, berikut adalah macam-macam sistem operasi yang ada di platform mobile:

1. Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang diciptakan oleh Andy Rubin. Sistem operasi Android sendiri pertama kali diluncurkan tahun 2008 lalu dan memiliki sifat open-source sehingga dapat dikembangkan lagi.

Android
photo/AndroidPIT

Saat ini Google merupakan salah satu perusahaan yang masih terus mengembangkan sistem operasi Android dan meluncurkan update-update terbaru hingga versi Android 10.


2. iOS

iOS adalah salah satu sistem operasi tertutup yang dikembangkan oleh Apple. Sistem operasi ini dihadirkan secara eksklusif untuk perangkat buatan Apple saja seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.

iOS
photo/The Verge

iOS sendiri dikenal sebagai salah satu sistem operasi yang sangat hemat dalam menggunakan memori serta prosesor. Hal tersebut lah yang membuat sistem operasi ini dapat bekerja dengan baik meskipun dengan perangkat yang dibekali RAM 4GB saja.


3. Windows Phone

Windows Phone sempat menjadi sistem operasi mobile yang terkenal pada tahun 2010 lalu. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini hadir untuk perangkat Windows Phone yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

Windows Phone
photo/CNET

Karena tidak diproduksi lagi, Microsoft pun juga memutuskan untuk menghentikan pengembangan dari sistem operasi Windows Phone tersebut.


4. BlackBerry OS

Siapa sih yang tidak kenal BlackBerry? Salah satu pencetus smartphone ini ternyata juga memiliki sistem operasi sendiri yaitu BlackBerry OS. Diketahui bahwa BlackBerry OS ini diluncurkan tahun 1999 lalu oleh BlackBerry Limited di perangkat buatan mereka.

Blackberry
photo/Yukie.mobi

Salah satu keunggulan BlackBerry OS pada saat itu adalah fitur browsing, game, dan juga aplikasi BlackBerry Messenger yang banyak digunakan orang-orang.


5. Symbian OS

Symbian OS bisa dibilang merupakan sistem operasi mobile paling tua. Diketahui bahwa sistem operasi ini dikembangkan oleh Symbian Limited dan diluncurkan tahun 1998 lalu. Sistem operasi ini banyak digunakan di ponsel-ponsel besutan Nokia jaman dulu.

Symbian
photo/WIRED

Kelebihan dari sistem operasi Symbian sendiri adalah performanya yang tidak membutuhkan RAM dan juga memori dengan ukuran besar. Hal tersebut juga karena sistem operasi ini masih belum memiliki fitur yang banyak seperti Android dan iOS.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
JOIN US
JOIN US