The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Perbaiki Komputer? Ini Cara Bedakan Teknisi Komputer Palsu dan Asli
Ilustrasi teknisi komputer. (Freepik)
Tech

Ingin Perbaiki Komputer? Ini Cara Bedakan Teknisi Komputer Palsu dan Asli

Cek tandanya di bawah ini, ya!

Kamis, 24 Desember 2020 08:20 WIB 24 Desember 2020, 08:20 WIB
Saat mengalami masalah pada perangkat komputer, terkadang kamu tak bisa mengatasinya sendiri. Kamu perlu bantuan dari teknisi komputer untuk mengatasi masalah-masalah yang ada dan mengubah perangkat komputer tersebut menjadi seperti sedia kala. Namun, kamu mungkin sering mendengar pengalaman orang lain yang tertipu oleh teknisi komputer palsu.
 
Hal ini tentu saja membuatmu ragu dan khawatir. Kamu tak ingin jika teknisi komputer palsu tersebut membuat perangkat komputer milikmu malah semakin parah. Dilansir dari Scams Bulletin, umumnya teknisi palsu akan langsung mengatakan kalau perangkat komputer milikimu sedang mengalami kerusakan parah.
 
 
Kemudian, ia akan meminta biaya perbaikan yang cukup mahal. Namun, bukannya memperbaiki, ia malah mengambil data-data yang ada di perangkat komputer milikmu untuk kepentingan pribadi. Selain itu, ia juga akan memintamu untuk mengganti hardware atau menginstall ulang software tanpa mengecek lebih dulu.
 
Bahkan, tak jarang pula teknisi palsu yang menukar komponen-komponen pada perangkat komputer milikmu yang masih bagus, dengan komponen-komponen lama yang sudah usang. Agar bisa mencegah hal tersebut, berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk membedakan antara teknisi komputer palsu dan asli.
 
Pertama, teknisi komputer palsu biasanya akan langsung membongkar perangkat komputer milikmu tanpa persetujuan terlebih dahulu. Selain itu, tak jarang ia juga akan mengganti komponen tanpa berdiskusi lebih dulu denganmu. Saat kamu meminta penjelasan padanya, ia akan menjawab secara asal-asalan dan tidak bisa menjelaskan secara rinci.
 
Sebab, komponen milikmu sebenarnya dalam keadaan baik-baik saja. Berbeda dengan teknisi komputer palsu, teknisi komputer asli atau professional akan meminta izin terlebih dahulu sebelum mengecek kondisi perangkat komputer milikmu. Jika ada yang perlu diganti, ia akan bertanya dan menjelaskan terlebih dahulu secara rinci, lalu memberikan transparansi harga di awal.
 
Selain itu, ia juga tak ragu untuk memberikan garansi atas perbaikan yang telah ia lakukan. Sebab, para teknisi palsu akan sengaja membuat perangkat komputer milikmu rusak secara perlahan-lahan, agar kamu terus berlangganan padanya. Jadi, kamu perlu mewaspadainya, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US