Menkominfo Minta Google untuk Bangun Data Center di Indonesia
photo/Twitter/@PlateJohnny
Tech

Menkominfo Minta Google untuk Bangun Data Center di Indonesia

Kamis, 21 November 2019 19:20 WIB 21 November 2019, 19:20 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate baru-baru ini telah meminta Google untuk membangun data center di Indonesia. Hal tersebut diucapkan oleh Johnny ketika menghadiri acara bertajuk Google for Indonesia.

"Saya minta bersama-sama, siapkan data center. Mari bersama pastikan Indonesia punya data center yang terintegrasi. Memastikan kedaulatan data tidak hanya untuk bangsa namun untuk umat manusia secara global" ucap Johnny dikutip dari situs resmi Kominfo.

Permintaan dari Menkominfo tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih terhadap data pribadi pengguna di Indonesia. Apalagi saat ini Indonesia menjadi salah satu negara di Asia dengan ancaman penyerangan siber terbesar.

Namun tampaknya permintaan dari Menkominfo sedikit bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Pasalnya peraturan tersebut menyebutkan bahwa perusahaan diperbolehkan untuk menempatkan data center di luar Indonesia jika teknologi yang diperlukan tidak ada di Indonesia.

Namun Johnny berharap bahwa Google bisa mencari cara untuk dapat menyediakan data center-nya di Tanah Air agar lebih aman dan dapat terkontrol dengan mudah oleh pemerintah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Ferry Andika
Ferry Andika

Ferry Andika

Editor
Ferry Andika

Ferry Andika

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU