The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Cara Tes Kecepatan Internet dari PC dan HP dengan Akurat
Ilustrasi tes kecepatan internet (photo/unsplash/@mbaumi)
Tech

6 Cara Tes Kecepatan Internet dari PC dan HP dengan Akurat

Rabu, 13 Oktober 2021 16:59 WIB 13 Oktober 2021, 16:59 WIB

INDOZONE.ID - Kecepatan internet dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jumlah perangkat yang terhubung dan banyaknya file yang sedang diunduh. Jika suatu saat internet yang kamu gunakan sedang terganggu, kamu bisa lakukan tes kecepatan internet terlebih dahulu.

Cara tes kecepatan internet yang sedang kamu gunakan bisa dilakukan dengan mudah tanpa dikenakan biaya. Kamu cukup mengakses beberapa website yang bisa mengecek kecepatan internet kamu secara online.

Sebelum melakukan tes kecepatan internet, pastikan kamu sudah terhubung dengan jaringan internet yang ingin diuji. Selama proses pengecekan berlangsung, sebaiknya kamu tidak membuka website atau aplikasi lainnya.

Cara Tes Kecepatan Internet

Kalau kamu penasaran bagaimana cara untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang kamu gunakan, berikut Indozone rangkum beberapa cara tes kecepatan internet secara akurat.

1. Speedtest.net

tes kecepatan internet

(speedtest.net)

Cara mudah untuk mengetahui kecepatan internet dapat kamu lakukan dengan mengunjungi website https://www.speedtest.net/. Speedtest akan menghitung kecepatan internet yang sedang kamu gunakan secara realtime.

Kamu cukup klik "Go" saat berada di website Speedtest, tunggu sampai proses selesai, maka akan muncul informasi kecepatan ping, download, dan upload serta nama server yang digunakan. Kamu juga bisa download aplikasi Speedtest dari Play Store, App Store, Windows, dan Mac.

2. Fast.com

tes kecepatan internet

(fast.com)

Cara cek kecepatan internet yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan mengakses https://fast.com/ maka secara otomatis situs tersebut akan langsung memulai tes kecepatan internet yang sedang kamu gunakan.

Setelah kamu mengecek kecepatan internet, Fast.com akan menampilkan kecepatan download dan upload serta keterangan server yang digunakan. Kamu juga bisa memilih menu "Refresh" untuk memuat ulang tes kecepatan internet.

3. Ping-Test.net

tes kecepatan internet

(ping-test.net)

Cara berikutnya yang bisa menjadi alternatif kamu untuk tes kecepatan internet yaitu melalui website http://ping-test.net/. Kamu dapat memilih pengecekan secara cepat dan akurat.

Caranya, klik "Start Speed Test" saat berada di website Ping-Test.net lalu tunggu beberapa saat. Nanti akan muncul keterangan perhitungan dan data kecepatan internet yang kamu gunakan. Kamu juga bisa download hasilnya dalam format excel.

4. Bandwidthplace.com

tes kecepatan internet

(bandwidthplace.com)

Kamu juga bisa cek kecepatan jaringan internet dengan mengunjungi website https://www.bandwidthplace.com/. Kamu hanya perlu klik "Start" untuk mulai melakukan pengecekan.

Setelah proses tes kecepatan internet selesai, Bandwidth Place akan menampilkan hasil berupa data ping, download dan upload. Kamu juga bisa bagikan hasil tes kecepatan internet ini ke media sosial seperti Facebook dan Twitter atau menyimpannya sebagai gambar.

5. Speedtest.cbn.id

tes kecepatan internet

(speedtest.cbn.id)

Untuk melakukan tes kecepatan internet juga bisa kamu coba dengan mengakses website https://speedtest.cbn.id/ dan klik "Begin" maka CBN Speed Test akan langsung memulai pengecekan.

Setelah tes kecepatan internet selesai, CBN Speed Test akan menampilkan kecepatan upload, download, ping dan jitter serta bisa dibagikan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.

6. Fast.indihome.web.id

tes kecepatan internet

(fast.indihome.web.id)

Cara tes kecepatan internet juga bisa dilakukan dengan mengunjungi website https://fast.indihome.web.id/. Tak hanya produk Indihome atau Telkom, kamu juga bisa mengecek kecepatan internet dari berbagai provider.

Kamu bisa klik "Go" untuk memulai tes kecepatan internet. Indihome Speedtest ini akan menampilkan hasil kecepatan download, upload, ping dan jitter dari server yang kamu gunakan.


Itulah beberapa cara tes kecepatan internet yang sedang kamu gunakan. Kamu bisa mengakses website tes kecepatan internet di atas melalui browser pada PC/laptop atau HP/smartphone, bisa juga dengan mengunduh aplikasi yang tersedia. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Indriyana
Putri

Putri

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US