Curhat Netizen Beli iPhone Malah Dipaksa Bundling, Ada Indikasi Penipuan Juga!

- Kamis, 12 Januari 2023 | 16:00 WIB
Ilustrasi iPhone. (Apple)
Ilustrasi iPhone. (Apple)

Baru-baru ini, YouTuber Depraz membagikan video di YouTube Shorts, yang menampilkan sejumlah keluhan dari para pelanggan yang 'dipaksa' bundling untuk bisa meminang iPhone.

Padahal, bundling yang ditawarkan oleh sales belum tentu dibutuhkan oleh pelanggannya. Bahkan dalam video tersebut, Depraz menyebutkan jika ada kasus yang mengindikasikan adanya penipuan. Hah? Kok bisa?

Baca Juga: Kenalan dengan Fitur Crash Detection di iPhone 14, Bisa Selamatkan Nyawa Penggunanya!

Menurut pantauan Indozone dari video YouTube Shorts Depraz, Kamis (12/1/2023), ada salah satu pelanggan Apple yang menceritakan pengalaman kurang menyenangkan ketika membeli iPhone 11 64GB, melalui reseller resmi Apple di Indonesia.

Diketahui, pelanggan yang tidak diketahui identitasnya itu harus mengeluarkan uang lebih untuk bisa membeli iPhone 11 dambaannya, yaitu Rp8,3 juta. Padahal, harga yang ditawarkan oleh Apple melalui website resminya lebih murah.

Alasan mengapa harga yang ditawarkan lebih mahal, adalah karena adanya garansi fisik selama 6 bulan. Pelanggan sempat bernegosiasi dengan sales, jika ia tidak ingin mengambil garansi tersebut agar mendapat harga yang lebih murah.

Namun, sales tetap kekeh bahwa harga yang dipatok sudah include garansi fisik dan tidak dapat dipisah.

"Bang, kemarin saya sudah nanya lagi ke iBox yang berada di salah satu mall yang ada di Surabaya, nah itu dia ngasih harga sama dengan iBox yang saya datengin di mall lainnya, akan tetapi harganya beda dengan yang ada di website yaitu 8,3 juta untuk iphone 11 64GB dengan alasan adanya garansi fisik selama 6 bulan. Setelah itu pihak salesnya bilang kalau mau beli di website silahkan, terus saya ajukan saya mau harga seperti yang di website, tapi tidak usah ambil garansi fisik pihak sana menolak dengan alasan harga segitu sudah include ngga bisa dipisah" tulis pelanggan itu.

-
iPhone 11. (Apple)

Di sisi lain, ada pelanggan lain yang mengatakan jika dirinya juga baru membeli iPhone di reseller resmi Apple di Indonesia. Dia mengaku tidak mengklaim garansi fisik, karena ia yakin jika HP miliknya tidak akan mengalami masalah apapun.

Lagi pula, ia harus mengeluarkan uang sebesar Rp750 ribu untuk mendapat garansi fisik dari toko tersebut.

"Emang gitu ya ka? Saya baru beli di iBox, saya gak klaim garansi nya karna saya pikir ya gak akan kenapa2 deh hp nya.. jadi beli di ibox tuh hanya dapet garansi software aja, untuk garansi fisik dll harus bayar 750" tulisnya.

Hal ini tentu menjadi pertanyaan besar. Sebab, melalui laman resminya Apple menjamin garansi hardware selama 1 tahun.

"Apple menjamin produk perangkat keras merek Apple dan aksesori merek Apple yang terdapat dalam kemasan asli (Produk Apple) terhadap cacat materi dan cacat produksi bila digunakan secara normal sesuai dengan panduan yang dipublikasikan oleh Apple untuk jangka waktu SATU (1) TAHUN sejak tanggal pembelian retail awal oleh pembeli pengguna akhir ("Masa Garansi")." jelas Apple.

-
Ketentuan garansi iPhone. (Apple)

Depraz sangat paham jika yang dimaksud sales terkait hal tersebut adalah asuransi, namun memberi informasi keliru agar konsumen tergiring membeli adalah termasuk penipuan. 

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X