The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Teknologi Bola Piala Dunia 2022 Ungkap Fakta Ronaldo Gak Cetak Gol ke Gawang Uruguay
Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Molly Darlington)
Tech

Teknologi Bola Piala Dunia 2022 Ungkap Fakta Ronaldo Gak Cetak Gol ke Gawang Uruguay

Ronaldo Gak Cetak Gol ke Gawang Uruguay

Selasa, 29 November 2022 22:17 WIB 29 November 2022, 22:17 WIB

INDOZONE.ID - Cristiano Ronaldo tidak menyentuh bola pada gol pertama saat saat tim nasional (Timnas) Portugal menghadapi Uruguay pada lanjutan Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Qatar pada Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Itu artinya dia tidak mencetak gol

Fakta itu terungkap berkat teknologi yang tertanam di dalam bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla.

Baca Juga: Kenapa Timnas Belanda Pakai Jersey Warna Oranye? Yuk Simak Penjelasannya

“Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, menggunakan teknologi bola terhubung yang ditempatkan di bola pertandingan resmi Adidas, Al Rihla, kami dapat secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam permainan,” demikian pernyataan Adidas mengutip Daily Mail.

“Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis kami,” tambah Adidas.

Teknologi di dalam bola tersebut membuat data dikumpulkan dalam setiap sentuhan dengan kecepatan 500 kali per detik. Sensor ini ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang.

Pada laga itu, Bruno Fernandes melepaskan umpan ke aera kotak penalti Uruguay yang disambut Ronaldo dengan sundulan.

Dengan mata telanjang, kepala Ronaldo sepertinya mengenai bola. Hanya saja, saat tayanagan tayangan ulang memperlihatkan gambar yang lebuh rinci.

Baca Juga: Viral! Sosok Anak Indonesia Digandeng Cristiano Ronaldo Pada Laga Portugal vs Ghana

Sementara dari foto yang beredar menunjukkan rambut Ronaldo mengenai bola. Namun, itu belum cukup untuk membuat Ronaldo disahkan namanya sebagai pencetak gol.

“Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya detak jantung dalam pengukuran kami dan dalam grafik terlampir,” penjelasan Adidas.

Terlepas dari kontroversi itu, Portugal menang 2-0 atas Uruguay, di mana Bruno Fernandes menambah pundi-pundi golnya lewat penalti pada menit 90+3. Kemenangan itu membuat Portugal mengamankan satu tiket ke babak 16 besar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US