The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kominfo Tegaskan Fokus Pastikan Akselerasi Teknologi Digital Sampai Pelosok RI
Diskusi bertajuk 'Indonesia To Enter The Metaverse, Whats In It For Us?' (Indozone/Samsudhuha Wildansyah)
Tech

Kominfo Tegaskan Fokus Pastikan Akselerasi Teknologi Digital Sampai Pelosok RI

Sabtu, 11 Juni 2022 09:15 WIB 11 Juni 2022, 09:15 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Indonesia memastikan pihaknya fokus untuk menyebar teknologi digital hingga ke pelosok negeri di Indonesia. Teknologi digital ini juga termasuk metaverse.

"Menjaga kedaulatan digital merupakan bagian dari upaya akselerasi transformasi digital yang sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk memastikan akselerasi transformasi digital sampai keseleuruh pelosok negeri," kata Stafsus Memkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Philip menyampaikan hal itu dalam sambutannya di acara diskusi bertajuk 'Indonesia To Enter The Metaverse, Whats In It For Us?'. Sambutan yang disampaikan Philip merupakan sambutan dari Menteri Kominfo, Johnny G Plate.

Baca Juga: Ya Ampun! Fans Ini Sampai Belah Playstation 4 Edisi Spiderman Gegara Hal Ini

Dalam kesempatan itu, Philip menyebut pemerintah fokus menyebar teknologi ke pelosok negeri dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengkoneksikan jaringan-jaringan di daerah.

"Pemerintah telah membangun infrastruktur komunikasi digital dengan beragam teknologi dari total 83.218 wilayah pedesaan di Indonesia. Upaya mempersempit kesenjangan digital telah dilakukan dengan menkoneksikan jaringan di 7.670 wilayah pedesaan," beber Philip.

Target 2024

Philip kemudian membeberkan target Kemenkominfo pada tahub 2024. Akan ada ratusan tower yang nantinya akan dibangun untuk memastikan kedaulatan digital merata di Indonesia.

"Hingga tahun 2024 diharapkan seluruh wilayah pedesaan dapat terkonekasi dengan layanan jaringan internet melalui pembangunan BTS dengan fasilitas generasi ke-4 yang saat ini sedang dilakukan. Inisiatif ini akan menambah sekitar 500 ribu tower yang ada diseluruh negeri," kata Philip.

"Saat ini juga sedang dibangun satelit Republik Indonesia untuk memsstikan tersedianya konektifitas digital yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Pembangunan satelit ini untuk menyediakan akses internet bagi 150 ribu fasilitas umum dengan kecepatan yang maksimal," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Victor Median
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US