The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Proyek Tanam Chip ke Otak Manusia Ala Elon Musk Siap Diuji Coba, Berhasil Gak Ya?
Ilustrasi Otak. (FREEPIK/rawpixel.com)
Tech

Proyek Tanam Chip ke Otak Manusia Ala Elon Musk Siap Diuji Coba, Berhasil Gak Ya?

Jumat, 02 Desember 2022 09:31 WIB 02 Desember 2022, 09:31 WIB

INDOZONE.ID - CEO terbaru Twitter, Elon Musk, mengatakan jika proyek penanaman chip ke otak manusia besutan perusahaannya, Neuralink, dapat segera diuji coba dalam 6 bulan ke depan. 

Dikutip dari Wion, Neuralink sedang mengembangkan antarmuka chip otak yang diklaim akan memungkinkan pasien dengan keterbatasan untuk dapat berkomunikasi dan bergerak.

Baca Juga: Elon Musk Ingin Pulihkan Akun Twitter yang Diblokir, Karyawan Pusing Tujuh Keliling

Neuralink telah melakukan uji coba penanaman chip pada hewan, sambil meminta persetujuan untuk uji klinis pada manusia.

"Kami telah bekerja keras agar siap untuk tes pertama terhadap manusia dan tentu saja kami ingin sangat berhati-hati dan memastikan bahwa chip ini telah berfungsi dengan baik sebelum ditaruh ke manusia," kata Musk. 

Elon Musk chip otak
Ilustrasi Elon Musk. (REUTERS/Kyle Grillot)

"Kami telah menyetor mayoritas bahan kerja kami kepada FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) dan kami berpikir mungkin dalam enam bulan lagi, kami sudah bisa menguji chip Neuralink pertama terhadap manusia," sambungnya. 

Acara ini awalnya dijadwlakn berlangsung pada 31 Oktober lalu, namun harus ditunda oleh Musk beberapa hari sebelumnya, tanpa memberikan alasan yang pasti. 

Neuralink diketahui telah berulang kali melewatkan tenggat waktu internal untuk mendapatkan persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), agar dapat segera memulai uji coba penanaman chip pada otak manusia. 

Baca Juga: Kumpulan Aplikasi dan Game Terbaik yang Jadi Jawara di App Store Awards 2022

Setelah penundaan yang berulang-ulang, Elon Musk kali ini sangat berharap agar proyeknya tersebut mendapatkan lampu hijau dari pihak FDA. 

Jika izin telah dikantongi, maka proses uji coba dapat langsung dilaksanakan. Hmm, kira-kira bakal dapat izin gak ya, guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Bagas Aulia Ananto
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US