Mengenal Modus Penipuan *21* yang Dapat Mencuri Informasi Ponsel Kamu
photo/Unsplash/Indozone/Ferry
Tech

Mengenal Modus Penipuan *21* yang Dapat Mencuri Informasi Ponsel Kamu

Senin, 30 Desember 2019 14:53 WIB 30 Desember 2019, 14:53 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu penyanyi terkenal di Indonesia yaitu Maia Estianty baru-baru ini menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh seorang mitra Gojek. Diketahui bahwa si penipu memanfaatkan kode *21* untuk mencuri informasi dan data dari ponsel Maia.

Sebenarnya kode tersebut merupakan kode yang digunakan untuk melakukan Call Forwarding. Nah, Call Forwarding sendiri bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mengirimkan kode OTP (One-time Password) pengguna ke nomor pelaku.

Berikut adalah kode-kode Call Forwarding yang terdapat di operator-operator Indonesia:

  • Flexi, Fren, Three: *71+Nomor Tujuan
  • XL Bebas, iM3, Simpati: *21*Nomor Tujuan#
  • Smart: *72+Nomor Tujuan
  • Starone: *92+Nomor Tujuan
  • Esia: *12+Nomor Tujuan


Nah, diketahui bahwa si pelaku penipuan tersebut memanfaatkan fitur tersebut untuk mengambil alih akun Gojek milik Maia pada saat itu. Maka dari itulah saldo GoPay dari Maia langsung terkuras habis.

Setelah mengambil alih akun Gopay tersebut, hacker tersebut tentu dapat dengan mudah mengambil alih akun korban lain yang juga menggunakan nomor telepon yang sama seperti WhatsApp, Tokopedia, dan lain-lain.

Maka dari itulah, kita harus hati-hati ketika orang lain menyarankan kalian untuk mengetik kode-kode yang tidak kalian ketahui di ponsel kalian. Usahakan kalian mencari dulu apa fungsi dari kode tersebut di Google sebelum mencoba melakukannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU