The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

NASA Tunda Lagi Peluncuran Rover Mars, Kini Karena Masalah Kontaminasi
Foto tampilan rover Mars Perseverance buatan NASA (photo/Dok. NASA)
Tech

NASA Tunda Lagi Peluncuran Rover Mars, Kini Karena Masalah Kontaminasi

Rabu, 01 Juli 2020 10:19 WIB 01 Juli 2020, 10:19 WIB

INDOZONE.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS atau NASA pada tanggal 20 Juli 2020 nanti direncanakan bakal mengirimkan dua robot buatannya yaitu rover Perseverance dan juga helikopter Ingenuity ke Mars.

Jadwal tersebut diketahui merupakan jadwal terbaru yang ditetapkan oleh NASA usai mereka mengganti jadwal peluncuran tersebut dari tanggal 17 Juli 2020.

Namun baru-baru ini pihak NASA mengumumkan kembali bahwa jadwal peluncuran yang ditetapkan pada tanggal 20 Juli mendatang kembali tertunda. Kali ini pihaknya mengatakan bahwa ada masalah terkait kontaminasi dari kedua robot tersebut.

Foto tampilan rover Mars buatan NASA di Mars
Foto tampilan rover Mars buatan NASA di Mars (photo/Dok. NASA)

"Dibutuhkan waktu tambahan untuk menyelesaikan masalah kontaminasi dari tim dukungan di Payload Hazardous Servicing Facility (PHSF) NASA," ucap pihak NASA dalam keterangan resminya.

Alhasil jadwal peluncuran tersebut pun di undur dua hari lebih lama, lebih tepatnya pada tanggal 22 Juli 2020 mendatang. Pihaknya sendiri berharap semoga jadwal tersebut tak akan mengalami penundaan lagi.

Baca Juga: Seperti Ini Tampilan Helikopter NASA yang Bakal Terbang di Planet Mars!

Penundaan kedua kalinya ini bisa dibilang tak cukup menimbulkan masalah bagi NASA. Pasalnya mereka diketahui masih memiliki waktu sampai tanggal 11 Agustus 2020 mendatang untuk meluncurkan robot tersebut ke planet Mars.

Namun jika pihaknya tidak bisa menerbangkan robot tersebut sampai tanggal 11 Agustus, maka pihaknya  terpaksa harus menunggu hingga tahun 2022 untuk mendapatkan posisi pergerakan Bumi dan Mars yang cocok seperti pada tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US