Dear Pemilik iPhone, Facebook Diam-diam Gunakan Kameramu
Unsplash
Tech

Dear Pemilik iPhone, Facebook Diam-diam Gunakan Kameramu

Jumat, 15 November 2019 14:03 WIB 15 November 2019, 14:03 WIB

INDOZONE.ID - Para pemilik iPhone harus berhati-hati saat menggunakan aplikasi di Facebook. Ternyata, aplikasi tersebut diam-diam telah menggunakan kamera pengguna iPhone saat sedang scrolling feed.

Hal ini terungkap dari unggahan seorang netizen bernama Joshua Maddux di Twitter. Melalui akunnya tersebut, Joshua melaporkan perilaku tak biasa yang terjadi pada aplikasi Facebook untuk iOS.

Joshua mengunggah sebuah video yang memperlihatkan bagaimana Facebook mengakses kamera ponselnya. Saat pengguna sedang scrolling, kamera ponsel tampak bekerja aktif di latar belakang. Beberapa pengguna mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini.

Dalam video, terlihat bug yang menunjukkan feed kamera dalam sepotong kecil di sisi kiri layar ponsel, saat pengguna membuka foto di aplikasi dan geser ke bawah.

Joshua juga menemukan masalah yang sama pada lima perangkat iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2, namun itu tidak terjadi dalam iOS 12.

"Saya mencatat iPhone yang menjalankan iOS 12 tidak menunjukkan kamera aktif (tidak untuk mengatakan bahwa itu tidak sedang digunakan)," ungkapnya.

Sementara, iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2 memang menunjukkan kamera bekerja secara aktif di latar belakang. Tapi masalah itu tampaknya tidak mempengaruhi iOS 13.1.3.

Namun, masih belum diketahui apakah itu perilaku yang disengaja atau hanya bug dalam perangkat lunak untuk iOS. Tapi, tetap saja masalah tersebut cukup mengganggu karena dianggap melanggar privasi.

Pada tahun 2017, peneliti Felix Krause sudah pernah berbicara kepada The Next Web tentang masalah yang sama. Salah satu cara untuk menangani masalah privasi terkait kamera ini adalah menutupi kamera seperti yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina
Dina

Dina

Editor
Dina

Dina

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU