The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Inspirasi Ayah Ciptakan Robot untuk Bantu Anaknya yang Tak Bisa Berjalan, Keren!
Jean-Louis Constanza berhasil ciptakan robot untuk anaknya. (Photo/Reuters)
Tech

Kisah Inspirasi Ayah Ciptakan Robot untuk Bantu Anaknya yang Tak Bisa Berjalan, Keren!

Jumat, 30 Juli 2021 20:05 WIB 30 Juli 2021, 20:05 WIB

INDOZONE.ID - Jean-Louis Constanza, seorang pengembang robotika Prancis, telah membuat kerangka luar untuk membantu putranya yang berusia 16 tahun berjalan dan bergerak dengan mengeluarkan perintah vokal untuk memungkinkannya berkeliling tanpa menggunakan kursi roda.

Putranya, Oscar Constanza memiliki kondisi neurologis genetik yang membuatnya tidak mungkin berjalan tanpa bantuan. Sekarang, ayahnya telah membangun kerangka luar, semacam pakaian robot, yang memberinya kesempatan hidup baru.

Dilansir dari Reuters, Jumat (30/7/2021), Jean-Louis Constanza adalah salah satu pendiri perusahaan robot exoskeleton bernama Wandercraft. Putranya adalah salah satu inspirasi utama baginya untuk memulai rekayasa jebakan robot ini.

buat robot
(Photo/Reuters)

Baca juga: Teori Relativitas Einstein Terbukti, Ilmuwan Melihat Cahaya dari Balik Lubang Hitam

"Suatu hari Oscar berkata kepada saya, 'Ayah, Anda adalah seorang insinyur robot. Mengapa Anda tidak membuat robot yang memungkinkan kami berjalan?," kata Constanza.

Usaha sang ayah berhasil. Hari ini, Oscar dapat berjalan melintasi ruangan dan berbalik berkat kerangka luar, yang melekat pada bahu, dada, pinggang, lutut, dan kakinya.

robot
(Photo/Reuters)

Sebuah video yang sekarang beredar di internet menunjukkan sebuah bingkai besar yang diikatkan ke tubuh Oscar mengangkatnya dan anak berusia 16 tahun itu berjalan.

Gugatan itu dibuat oleh perusahaan yang didirikan bersama Constanza dan memungkinkan mobilitas pengguna selama beberapa jam. Sementara setelan itu digunakan di sejumlah rumah sakit di seluruh negeri, itu belum tersedia secara komersial.

Artikel Menarik Lainnya:

M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US