The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkominfo Ungkap Manfaat Migrasi dari TV Analog ke Digital, Apa Saja? 
Mekominfo Johnyy G Plate (tengah) saat memberikan keterangan terkait nasib siaran TV Analaog. (Tangkapan Layar Youtube Kemkominfo)
Tech

Menkominfo Ungkap Manfaat Migrasi dari TV Analog ke Digital, Apa Saja? 

Jumat, 29 April 2022 13:40 WIB 29 April 2022, 13:40 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengungkap sejumlah manfaat yang akan dirasakan masyarakat apabila beralih dari siaran televisi analog ke digital.

Hal tersebut diungkapkan Johnny melalui konferensi pers Kick Off Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 secara virtual melalui kanal Youtube Kemkominfo.

"Karena dengan beralih ke TV digital akan lebih banyak pilihan-pilihan kanal TV," ucap Johnny, Jumat (29/4/2022).

"Perusahaan, lembaga-lembaga penyiaran mempunyai kesempatan untuk menghasilkan konten-konten yang lebih bervariasi. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan jenis dan pilhan siaran yang lebih banyak," tambahnya.

Dengan begitu, Johnny pun meminta kepada Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dan juga Lembaga Penyiaran Swasta untuk melakukan sosialiasi kepada masyarakat guna memahami manfaat bermigrasi ke TV digital.

"Agar masyarakat lebih memahami secara khusus jenis TV yang mereka miliki, dan manfaat dari siaran digital penuh di Indonesia," tandas Johnny.

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi menghentikan layanan siaran analog televisi secara tetap menjadi digital pada tahap 1 mulai Sabtu, 30 April 2022.

Hal itu dilakukan berdasarkan implementasi UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja Sektor Komunikasi dan Penyiaran yang diterjemahakan secara teknis di dalam PP Nomor 46 tahun 2021.

"Penghentian tetap layanan siaran analog televisi akan dimulai pada tanggal 30 april 2022 jam 24.00 atau besok malam," ucap Menkominfo Johnny G Plate dalam konferensi persnya, Jumat (29/4/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Simon Iqbal Fahlevi
Sarah Hutagaol
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US