The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dua Ilmuwan Wanita Ini Berhasil Temukan Alat Tes Darah Portabel yang Bisa Dipakai ke Desa
Teknologi yang ditemukan oleh dua wanita. (Photo/India Times)
Tech

Dua Ilmuwan Wanita Ini Berhasil Temukan Alat Tes Darah Portabel yang Bisa Dipakai ke Desa

Kamis, 16 September 2021 19:46 WIB 16 September 2021, 19:46 WIB

INDOZONE.ID - Dua peneliti wanita yang berasal dari Shri Ramdeobaba College of Engineering and Management menjadi perhatian dunia setelah mereka berhasil mengembangkan teknologi sistem pengujian darah portabel.

Diketahui bahwa teknologi itu dirancang untuk melayani daerah pedesaan dan terpencil yang dinilai sangat efektif, sederhana dan terjangkau. Bahkan, hal itu adalah penilaian dari sebuah penelitian yang diterbitkan di IEE Sensors Journal.

Dua peneliti itu adalah Sangeeta Palekar dan rekannya Jayu Kalambe. Keduanya merupakan sosok yang berhasil menganalisis darah portabel menggunakan metode analisis berbasis cahaya yang serupa, namun didesain menggunakan seluler  yang lebih praktis berkat aplikasi Raspberry Pi.

dua peneliti
(Photo/India Times)

Baca juga: Sejarah Baru Dibuat oleh SpaceX, Lakukan Penerbangan Antariksa dengan Warga Sipil

Dilansir dari India Times, Kamis (16/9/2021), teknologi itu menggunakan dispenser cairan otomatis yang dapat memungkinkan jumlah reagen yang terkondol ke dalam sampel darah. Cahaya yang hadir akan melewati sampel dan komputer Raspberry Pi akan menjadi penganalisis data.

teknologi sampel darah
(Photo/India Times)

Sistem tersebut dapat diubah untuk menganalisis zat biokimia apapun di dalam darah dengan memodifikasi reagen dan panjang gelombang spektral yang digunakan.

Teknologi itu pun membuat peneliti mulai menggunakannya dan tersedia secara komersial untuk menganalisis kadar glukosa seseorang lewat darah.

Artikel Menarik Lainnya:

Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US