Pilih Mana: Telegram atau WhatsApp?
Ilustrasi Telegram dan Whatsapp (WN.com)
Tech

Pilih Mana: Telegram atau WhatsApp?

User friendly versus privasi.

Minggu, 16 Februari 2020 12:00 WIB 16 Februari 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, pendiri sekaligus CEO dari Telegram, Pavel Durov menyindir aplikasi WhatsApp. Menurutnya aplikasi yang telah diakusisi Facebook tersebut merupakan aplikasi yang tak ramah dalam urusan privasi penggunanya. 

Banyak pengguna yang juga merasakan banyak keistimewaan Telegram dibanding aplikasi kirim pesan lainnya. Kendati seperti itu, banyak yang belum menyadari keunggulan dari aplikasi tersebut.

Di sisi lain, WhatsApp lebih banyak digunakan oleh pengguna ponsel karena kemudahannya untuk berkomunikasi. Sampai saat ini, jumlah pengunduhnya masih lebih tinggi dibanding Telegram.

Melansir dari Medium, keunggulan Telegram yang paling penting adalah bagaimana aplikasi ini menjaga privasi. Data kita tidak terbuka. Hanya penggunanya yang bisa mengontrol data pribadi miliknya. 

Semua chats atau panggilan terlindungi dengan enkripsi yang kuat. Bahkan penggunanya bisa mengamankan percakapan atau membuat percakapan itu tidak bisa di-screenshoot.

Salah satu keunggulan lainnya adalah, tidak ada batasan untuk jumlah channel (grup kalau versi WhatsApp), member, dan broadcast messages. Bahkan pengguna bisa membuat polling di channel karena sudah tersedia aplikasinya. Sementara di Whatsapp kalau terlalu banyak grup akan berat dan membawa masalah. 

Aplikasi ini juga tak memiliki batasan untuk chats, penyimpanan media atau dokumen. Bahkan kita tidak perlu mengunduh foto atau video dulu bila ingin melihat video kiriman. Hal ini aplikasinya berbasis cloud storage. 

Sementara WhatsApp memiliki keunggulan dengan panggilan suara dan video. Semakin kuat koneksi internbetnya, maka kualitas video atau pun panggilan semakin bagus. Telegram belum memiliki aplikasi ini. 

Selain itu, WhatsApp memiliki fitur notifikasi pengiriman dan membaca status pengguna lainnya. 

Nah, kalau Sahabat Indozone mau pilih aplikasi yang mana?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
M Fadli
Fauzi

Fauzi

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU