The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gerhana Matahari Cincin Bakal Sambangi Indonesia 26 Desember Nanti
photo/India Times
Tech

Gerhana Matahari Cincin Bakal Sambangi Indonesia 26 Desember Nanti

Kamis, 19 September 2019 11:25 WIB 19 September 2019, 11:25 WIB

INDOZONE.ID - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) baru-baru ini mengumumkan bahwa Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang akan kedatangan fenomena Gerhana Matahari Cincin yang bisa dibilang cukup langka untuk terjadi di Indonesia.

Diketahui bahwa beberapa wilayah di Indonesia nantinya dapat melihat fenomena tersebut secara langsung. Namun tempat paling ideal untuk menyaksikan fenomena ini menurut LAPAN adalah di Kabupaten Siak, Riau.

Gerhana Matahari Cincin tersebut diprediksi bakal dimulai pada pukul 12.15 WIB dan akan memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB. Fenomena tersebut juga dikatakan akan berlangsung selama 4 menit saja dan akan kembali normal setelah itu.

Wilayah lain yang dapat menyaksikan fenomena tersebut antara lain adalah Padang Sidempuan, Sibolga, Kabutan Siak, Kepulauan Riau, dan juga beberapa daerah di Kalimantan Barat. Sementara di Jakarta, nantinya fenomena tersebut masih dapat dilihat meskipun tidak dalam bentuk yang sempurna.

Pasalnya penduduk di Pulau Jawa hanya dapat mengamati fenomena tersebut dengan persentasi ketutupan sebesar 70 sampai 80 persen. Maka dari itulah para penduduk di Pulau Jawa nantinya hanya dapat menikmati fenomena Gerhana Matahari Sebagian saja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US