Berstatus Busui, Perenang Spanyol Ini Kecam Panitia Olimpiade Tokyo yang Larang Bawa Bayi

- Kamis, 22 Juli 2021 | 13:55 WIB
Kapten tim renang Spanyol, Ona Carbonell. (photo/Instagram/@ona_carbonell)
Kapten tim renang Spanyol, Ona Carbonell. (photo/Instagram/@ona_carbonell)

Kapten tim renang Spanyol Ona Carbonell mengecam penyelenggara Olimpiade Tokyo 2021 atas larangan membawa bayi mengingat statusnya sebagai ibu menyusui (busui).

Carbonell dilarang membawa anaknya, Kai yang berusia 1 tahun dan 'dibuat untuk memilih' antara keluarga dan impian Olimpiade seumur hidupnya.

Meski banyak atlet Olimpiade yang meminta untuk membawa anak-anaknya ke ibu kota Jepang itu, minimnya fasilitas dan regulasi Covid-19 membuat hal itu tidak memungkinkan.

Carbonell (31) adalah kapten tim renang Spanyol dan melahirkan putra Kai setahun yang lalu.

Setelah dilarang membawa anak, peraih medali perak London 2012 itu menyerang kepala Olimpiade dalam sebuah video yang diposting di media sosial.

"Ketika saya melahirkan Kai dan melihat bahwa saya menjadi bugar dan bahwa saya bisa pergi ke Tokyo Games, hal pertama yang saya lakukan adalah bertanya apakah saya bisa membawanya karena saya menyusui dia, dan mereka memberi tahu saya tidak.

"Beberapa minggu yang lalu, beberapa atlet mengatakan di media sosial bahwa ini adalah situasi yang sulit karena harus memilih antara menyusui dan pertimbangan keluarga dan Olimpiade."

Menyusul sejumlah keluhan dari berbagai atlet, Carbonell berbicara dengan Komite Olimpiade Spanyol yang 'banyak membantu'.

Dia juga menghubungi Dewan Olahraga Tinggi dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mendapatkan dukungan.

Tapi organisasi terakhir yang menindaknya dan dua minggu lalu memberitahunya bahwa Kai tidak boleh dibawa.

Carbonell mengatakan pemerintah Jepang menetapkan persyaratan, yang dia gambarkan sebagai 'tidak sesuai dengan kemampuan untuk tampil di Olimpiade dan dengan keluarga Anda menjadi yang terbaik yang bisa dilakukan'.

Atlet kelahiran Barcelona itu menambahkan: "Syaratnya adalah Pablo (pasangan dan ayah dari putranya) dan Kai harus berada di hotel.

"Kami tidak tahu seberapa jauh dari vila dan mereka tidak bisa meninggalkan hotel dalam 20 hari saya berada di Tokyo."

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X