Menpora Sambut Pembalap Australia yang Ngebet Wakili Indonesia di F1

- Rabu, 20 November 2019 | 10:56 WIB
Pembalap Indonesia-Australia Luis William Mahendra Leeds (kiri), bersama Menpora Zainudin Amali. Luis ingin berpaspor dan mewakili Indonesia di F1 (dok. Kemenpora).
Pembalap Indonesia-Australia Luis William Mahendra Leeds (kiri), bersama Menpora Zainudin Amali. Luis ingin berpaspor dan mewakili Indonesia di F1 (dok. Kemenpora).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyambut positif langkah Luis William Mahendra Leeds yang ingin berpindah kewarganegaraan dari Australia menjadi Indonesia. 

"Keinginan Luis membawa bendera Indonesia di ajang balap mobil sangat luar biasa. Kita akan memberikan dukungan kepada Luis. Apa yang dilakukan Luis ini akan mendorong diaspora yang berprestasi di negara lain untuk kembali ke Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia," kata Zainudin. 

Luis pun telah melakukan audiensi dengan Zainudin di ruang kerjanya, Lantai 10, Kemenpora, Selasa (19/11) siang. Pembalap Formula 4 (F4) itu ditemani sejumlah pihak ketika tiba di Kemenpora, salah satunya sang ibu, Maria Leeds. 

Selain ingin menjadi warga negara Indonesia, tujuan Luis menyambangi Kemenpora juga untuk meminta dukungan pemerintah. Dia ingin mewakili Indonesia, seandainya bertanding pada ajang Formula Satu (F1). 

"Luis punya  keinginan besar untuk menjadi WNI, Luis ingin mewakili Indonesia di ajang  F1 pada  tahun 2021" kata Ketua Dewan Pengawas Indonesia Diaspora Network Global, Dino Patti Djalal, ketika menemani Luis ke Kemenpora. 

Dino menilai Luis sudah melakukan pencapaian luar biasa di F4. Luis tercatat 19 kali naik podium, dari total 20 balapan. Sembilan di antaranya pun menjadi juara. 

Pada 2020 Luis bakal memulai latihan untuk tampil di kelas F2. Namun, pembalap 19 tahun itu juga mempunyai ambisi masuk F1 dan membawa nama Indonesia.

"Selama ini Luis bertanding di F4 membawa bendera Australia, tetapi karena ibunya Maria Leeds merupakan warga negara Indonesia, maka Luis ingin menjadi WNI dan dia ingin mengharumkan nama Indonesia. Masih ada waktu sampai usia 21 tahun," ujar Dino.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X