The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Masalah Hak Siar, Medsos China Larang Pengguna Unggah Konten Olimpiade Beijing 2022
Simbol Olimpiade Beijing 2022. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Sport

Masalah Hak Siar, Medsos China Larang Pengguna Unggah Konten Olimpiade Beijing 2022

Bagi yang melanggar akan diblokir.

Sabtu, 29 Januari 2022 15:20 WIB 29 Januari 2022, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Platform mikroblog China yang mirip Twitter, yakni Weibo melarang penggunanya mengunggah konten terkait Olimpiade Beijing 2022. Hal tersebut dikarenakan masalah hak siar.

Dilansir Reuters, Jumat (28/1/2022), Weibo mengingatkan pengguna mereka bahwa lembaga penyiaran milik negara China, CCTV, memegang hak siar eksklusif Olimpiade Musim Dingin untuk 4-20 Februari, berlaku untuk China daratan, termasuk Makau.

Weibo mengumumkan peringatan itu di akun resmi resmi mereka dan juga mengirimkan kepada pengguna melalui pesan langsung.

Baca Juga: Syarat Menonton Langsung MotoGP Mandalika, Wajib Vaksin 2 Dosis

Apabila mengunggah konten Olimpiade Musim Dingin tanpa izin CCTV, itu berarti pengguna melanggar hak siar tersebut dan Weibo akan memblokir konten itu.

"Dalam kasus seperti itu, Weibo atas permintaan pemegang hak siar, akan melakukan aksi seperti menghapus dan memblokir konten yang melanggar aturan, yang Anda unggah. Pelanggar serius akan diberi hukuman berupa larangan dan penalti lainnya," bunyi pernyataan Weibo.

Selain untuk pengguna Weibo, larangan ini juga berlaku untuk atlet. Sebelumnya, pelari sprinter Jamaika, Elaine Thompson-Herah diblokir sementara dari Instagram karena mengunggah video kemenangannya saat Olimpiade Tokyo.

Komite Internasional Olimpiade melindungi hak siar untuk perhelatan olahraga tersebut, mereka juga mengatakan tidak boleh membagikan video ke media sosial.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US