Pawai Obor SEA Games 2023 di Jakarta, Plt Menpora: Semoga Event Ini Berjalan Sukses!

- Minggu, 2 April 2023 | 11:12 WIB
Pawai Obor Sea Games 2023. (Z Creators/ Jauzi Muqoddas)
Pawai Obor Sea Games 2023. (Z Creators/ Jauzi Muqoddas)

Semarak jelang gelaran SEA Games 2023 Kamboja nampak terlihat di wajah para atlet, pada saat mengikuti acara Torch Relay atau pawai obor pada Sabtu (1/4/2023), berlangsung di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Indonesia menjadi negara ketiga yang berkesempatan disinggahi pawai obor SEA Games 2023 Kamboja.

Kegiatan ini diikuti oleh setidaknya 300 peserta yang terdiri dari atlet, pelatih, perwakilan federasi, hingga komunitas olahraga.

Sosok yang beruntung menjadi pembawa obor dalam kesempatan kali ini adalah Atlet Karate Indonesia, Cokorda Istri Agung Sanistyatani. Selama kurang lebih 45 menit pembawa obor dan para rombongan mengitari GBK sampai akhirnya kembali ke titik awal.

Meskipun dalam kondisi berpuasa, para peserta sangat bersemangat mengarak obor olahraga akbar se-Asia Tenggara tersebut sambil menyanyikan yel-yel dengan Bahasa Kamboja.

Acara Torch Relay ini juga dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Muhadjir Effendy, Ketua Komite Olimpiade (KOI) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dan Ketua Kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim. Bahkan dihadiri pula perwakilan dari tuan rumah SEA Games 2023 yakni para atlet dan pelatih dari Kamboja.

Plt Menpora, Muhadjir Effendy menyampaikan ucapan apresiasi kepada Kamboja yang ditunjuk menjadi tuan rumah SEA Games 2023. Dia berharap ajang olahraga bergengsi se-Asia Tenggara ini bisa berjalan dengan sukses.

"Sekali lagi selamat kepada Kamboja yang menjadi tuan rumah SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarah. Semoga event ini berjalan dengan sukses," kata Muhadjir.

Baca Juga: Setelah 204 Hari Akhirnya Bagus Kahfi Berlaga di Liga Yunani, Peluang Dipanggil SEA Games?

Gelaran SEA Games 2023 merupakan momen bersejarah bagi Kamboja sebab ini kali pertama mereka menjadi tuan rumah event dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut. Kamboja pernah mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah pada tahun 1963, tapi terpaksa dibatalkan karena situasi politik yang tidak kondusif.

-
Pawai Obor Sea Games 2023. (Z Creators/ Jauzi Muqoddas)

Lebih lanjut, Ketua Komite Olimpiade (KOI) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, memberikan semangat kepada para atlet yang akan berangkat. Dia yakin kontingen Indonesia mampu meraih kesuksesan di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

“Tak ada istilah kalah sebelum bertanding. Atlet kita tujuannya kesana bertanding dan menang. Semuanya cita-citanya (atlet) adalah mengambil medali emas sebanyak-banyaknya di SEA Games Kamboja. Jadi jangan khawatir, olahraga ini kan dinamis,” ujar Okto.

Baca Juga: Ada 14 Orang, Bigetron Esports Jadi Tim Terbanyak Kirimkan Anggota untuk SEA Games 2023

Setelah singgah di Indonesia, pawai obor SEA Games 2023 akan berlanjut ke Timor Leste, Laos, hingga nantinya kembali acara pembukaan di Kamboja. Informasi tambahan, SEA Games 2023 Kamboja rencananya akan berlangsung pada tanggal 5-17 Mei 2023 mempertandingkan 36 cabang olahraga. 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X