Formula 1 Perkenalkan Desain dan Aturan Baru di 2021

- Jumat, 1 November 2019 | 14:50 WIB
Salah satu konsep mobil F1 2021 milik McLaren. (Instagram/@f1)
Salah satu konsep mobil F1 2021 milik McLaren. (Instagram/@f1)

Presiden dan CEO Formula 1, Chase Carey bersama dengan Presiden FIA, Jean Todt memperkenalkan aturan dan desain mobil baru untuk musim balap 2021.

Tujuan diubahnya aturan dan desain mobil baru agar menimbulkan persaingan yang lebih kompetitif pada musim balap nanti dan juga membuat efisiensi biaya Formula 1.

"Tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan kompetisi dan aksi di trek, namun disaat yang sama juga membuat olahraga ini lebih sehat dan menarik dari segi bisnis," ungkap Caret.

Untuk desain, nantinya mobil Formula 1 akan memiliki desain aerodinamika dengan sayap depan sirip hiu pada dua sisi dan sayap belakang yang terbilang revolusioner.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FORMULA 1® (@f1) on

Dengan desain baru, nantinya mobil F1 untuk musim 2021 diprediksi akan lebih lambat dari musim 2019, namun mobil ini memiliki performa yang impresif dalam hal menyalip dan membuntuti.

Sementara untuk peraturan, setiap tim tidak boleh memiliki budget lebih dari US$175 juta atau sekitar Rp2,4 triliun per musim. Anggaran tersebut tak termasuk biaya pemasaran, gaji pembalap dan gaji ofisial lainnya.

Selain itu ada juga peraturan mengenai pemangkasan jadwal balapan dari empat hari ke tiga hari. Hal itu diharapkan dapat mengurangi beban kerja tim mengingat pada musim balap 2021 jumlah seri yang akan dilombakan bertambah.

Formula 1 juga peduli terhadap regenerasi para pembalap dengan memberikan kesempatan bagi setiap tim untuk membawa satu pembalapnya yang baru menjalani paling banyak dua seri balapan atau belum sama sekali untuk mengikuti sesi latihan bebas.

Diharapkan dengan adanya peraturan dan desain baru tersebut dapat memangkas kesenjangan antar tim dan juga membuat balapan Formula 1 ini lebih kompetitif dan efektif mengingat padatnya seri pada musim 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Transjakarta Kecam Pemotor Lawan Arus di Jalur Busway Jelambar

Safeguard Berpotensi Selamatkan Industri Tekstil Lokal

Terlalu Lama Duduk Tingkatkan Resiko Terkena Kanker

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X