Jadi Sejarah Baru! Ini 7 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 di Qatar

- Minggu, 20 November 2022 | 09:56 WIB
Ilustrasi Piala Dunia 2022 (instagram.com/fifa)
Ilustrasi Piala Dunia 2022 (instagram.com/fifa)

Pada Minggu, (20/11/2022) hingga 18 December, Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar. Beberapa hari menuju pertandingan bola dunia ini, berbagai hal menarik terjadi. 

Mulai dari penentuan lagu Piala Dunia 2022 hingga persiapan pertandingan dari segala aspek, seperti stadion, penginapan, hingga jadwal turnamen. 

Sederet Fakta Menarik Piala Dunia 2022 

-
Gelaran Piala Dunia 2022 (REUTERS/Fabrizio Bensch)

Beberapa media bahkan menyebutkan, pertandingan Piala Dunia 2022 ini akan menjadi yang berbeda dari yang sebelumnya. 

Yuk simak beberapa fakta unik Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan menjadi pembeda dari pertandingan sebelumnya! 

1. Jumlah stadion sedikit 

Setidaknya hanya terdapat delapan stadion Piala Dunia di gelaran empat tahunan ini. Dari delapan stadion tersebut, tujuh diantaranya dibangun dari nol. 

Ini artinya, tujuh stadion tersebut terbilang hanya sekali pakai dan tujuh dari delapan kursi penonton di masing-masing stadion akan dipindahkan usai turnamen.

Jarak antar stadionnya pun terbilang dekat. Dua stadion terjauh hanya Stadion Al Bayt yang berada di Utara Doha hanya terpaut 64,36 km dengan Stadion Al Janoub yang terletak di Selatan Ibu Kota. Namun, jarak tempuhnya pun hanya memakan waktu 50 menit bila tak macet. 

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Tok! FIFA Larang Penjualan Minuman Beralkohol di Area Stadion

2. Turnamen terpendek sepanjang sejarah 

Terhitung dari tanggal dimulainya Piala Dunia 2022, pertandingan ini hanya akan berlangsung selama 29 hari. Hal ini menjadi Piala Dunia terpendek sepanjangan sejarah, semenjak gelaran Piala Dunia tahun 1978 silam. 

Biasanya, Piala Dunia akan berlangsung 3 hari lebih lama dari jangka waktu pertandingan kali ini. 

Oleh karenanya, sepanjang babak penyisihan grup, para panitia penyelenggara harus memeras empat pertandingan setiap harinya. Jeda pertandingan pun akan semakin singkat dan babak 16 besar akan digelar sehari setelah penyisihan grup selesai. 

3. Piala Dunia termahal 

Hingga saat ini, diperkirakan gelontoran dana yang dikeluarkan Qatar untuk menjadikan tuan rumah Piala Dunia adalah sekitar 200 miliar USD untuk kebutuhan infrastruktur. 

Sebelumnya, Qatar juga pernah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Piala DUnia pada tahun 2010 silam. Namun, saat itu, Qatar masih dianggap kurang siap menjadi tuan rumah. 

4. Digelar saat musim dingin 

Jadwal Piala Dunia 2022 kali ini, akan menjadi Piala Dunia pertama yang digelar saat musim dingin. Biasanya, gelaran pertadingan bola dunia ini dimainkan saat musim panas.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X