Soal Atlet Isreal Tampil di World Beach Games 2023, Gubernur Bali: Saya Tetap Tolak!

- Kamis, 6 April 2023 | 15:55 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster (Instagram/kostergubernurbali)
Gubernur Bali Wayan Koster (Instagram/kostergubernurbali)

Gubernur Bali, Wayan Koster tegaskan sikap tolak Israel untuk ajang ANOC World Beach Games 2023, ajang multicabang olahraga yang bakal digelar pada 5-12 Agustus mendatang.

"(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel)," kata Koster, Rabu (5/4).

"Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," lanjutnya.

Baca Juga: Serangan Israel ke Masjid Al Aqsa Pelanggaran HAM Berat, Menyakiti Perasaaan Muslim Dunia

Jadi Sikat Lanjutan dari Penolakannya kepada Timnas Israel di Piala Dunia U-20

-
Logo World Beach Games 2023. (Instagram/anocworldbeachgames)

Hal tersebut merupakan lanjutan dari sikap Koster yang menolak Israel di Bali. Seperti yang diketahui sebelumnya, Koster juga menolak kehadiran Timnas Israel U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Disisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan akan memprioritaskan persiapan SEA Games XXXII/2023 Kamboja serta memantau perkembangan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah ajang olahraga dunia seperti Piala Dunia FIBA 2023 hingga ANOC World Beach Games (AWBG) 2023.

Baca Juga: Ganjar Terima Dikritik Imbas Pembatalan Piala Dunia-20, Netizen Terbelah

"Yang pasti dalam waktu terbatas ini, tidak sampai sebulan sudah SEA Games, jadi kita akan fokus ke keberangkatan kontingen. Dan dalam waktu tidak lama lagi juga banyak event-event yang akan diselenggarakan di Indonesia seperti Piala Dunia FIBA dan AWBG," kata Dito dilansir dari ANTARA.

Karena itu, Menpora Dito bakal menemui seluruh elemen untuk memastikan penyelenggaraan WBG 2023 berjalan lancar.

"Pasti mulai per hari ini (3/4/2023), saya akan coba bicara ke seluruh stakeholders yang ada, semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan menemukan titik temu lah," kata Dito usai dilantik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X