The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Proliga 2022 Digelar Mulai 7 Januari, Terapkan Sistem Semi-Bubble
Pertandingan Proliga (Instagram/proliga2022)
Sport

Proliga 2022 Digelar Mulai 7 Januari, Terapkan Sistem Semi-Bubble

Cegah Covid-19.

Selasa, 21 Desember 2021 16:23 WIB 21 Desember 2021, 16:23 WIB

INDOZONE.ID - Kompetisi bola voli tahunan Indonesia, PLN Mobile Proliga 2022, akan digelar mulai 7 Januari 2022 dengan sistem semi-bubble sebagai upaya pencegahan virus Corona. 

Adapun sistem semi-bubble yang dimaksud yakni berupa pembatasan mobilitas dan interaksi peserta dan penyelenggara kompetisi, yang digelar di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto di Sentul, Bogor tersebut.

"Sistemnya sistem semi-bubble karena yang ada di sana seluruh panitia, mereka tinggal di Sentul. Untuk klub-klub, mereka di luar Sentul, tapi sebelum mereka bertanding ada tes sebelum ke lokasi pertandingan," kata Direktur Proliga, Hanny Surkatty dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Menurut Hanny, panitia dan pemain klub tidak berada dalam satu lingkungan tempat tinggal karena keterbatasan tempat yang hanya mampu menampung 200 orang. Dengan dmeikian, hanya tim produksi dan panitia, termasuk wasit, yang tinggal di Sentul.

Baca Juga: Alasan Sejumlah Pemain Voli Brazil Pakai Masker Saat Tanding di Olimpiade Tokyo

Kendati demikian, pemain yang dapat bertanding harus mengantongi hasil tes negatif Covid-19, serta sudah menerima dua kali vaksin untuk masuk ke lokasi pertandingan. Untuk antisipasi, penyelenggara juga telah bekerjasama dengan rumah sakit setempat dalam hal penanganan kesehatan.

"Proliga 2022 ini yang kita tekankan adalah prokesnya, jadi setiap tim itu mereka harus negatif PCR dan sudah vaksin 2 kali, mereka harus sudah punya aplikasi PeduliLindungi, dan setiap harinya mereka akan kita tes antigen," kata Hanny.

"Kita juga bekerjasama dengan Rumah Sakit EMC yang jaraknya kurang lebih dari Padepokan Sentul itu 800 meter, kita juga punya jalur evakuasi apabila ada yang positif. Mudah-mudahan tidak ada, dan semua tempat akan kita steril, dan hampir seluruh peserta dan panitia itu tinggal di satu padepokan itu," katanya menambahkan.

Selain itu, pemain asing yang berlaga di Proliga 2022 juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan berupa karantina hingga tes swab.

"Pemain harus dikarantina, setelah swab dua kali hasilnya negatif, dan waktu dua hari sebelum Proliga dimulai mereka harus tes PCR lagi, waktu sampai di tempat lapangan mereka harus dites antigen lagi, jadi kita ada beberapa lapis, baik pemain asing maupun pemain Indonesia sendiri," ujarnya.

Terlepas dari itu, Proliga 2022 akan bergulir mulai 7 hingga 27 Maret dengan 66 laga secara keseluruhan dan hadiah total Rp1,2 miliar untuk putra dan putri.

Sebanyak 6 tim putra dan 5 putri dipastikan akan mengikuti kompetisi yang memasuki tahun ke-20 itu. Kompetisi akan berlangsung dengan format sistem putaran pertama dan putaran kedua untuk babak penyisihan, yang dilanjutkan dengan semifinal dan final.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US