Panitia Bocorkan Skema Upacara Pembukaan PON Papua

- Senin, 20 September 2021 | 16:44 WIB
Ilustrasi - Pelepasan Kontingen PON Papua asal DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Ilustrasi - Pelepasan Kontingen PON Papua asal DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dilaporkan akan dimulai pukul 19.00 Waktu Indonesia Timur (WIT) pada tanggal 2 Oktober 2021.

Menurut Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Papua, Mayjeng TNI (Purn.) Dr. Suwarno, persiapan upacara pembukaan akan dimulai pada siang hari.

Nantinya, para atlet yang akan mewakili kontingen masing-masing juga tim peraga yang akan melaksanakan gelar kesenian atau festival diikuti dengan pendukung lainnya secara berturut-turut hadir.

"Khusus untuk VIP kita berharap masing-masing nanti sudah disiapkan di akomodasi, dan berangkat menuju stadion bersama sama menggunakan kendaraan bus dan lain sebagainya," kata Suwarno kepada Antara di Jayapura, Minggu (19/9/2021).

Suwarno juga mengatakan pesta akbar olahraga se-Indonesia itu akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Belum Ada Kejelasan SEA Games Vietnam, Indonesia Fokus ke Asian Games 2022

"Acara akan dibuka oleh presiden, waktunya tanggal 2 jam 19.00 kita berharap di situ tidak akan lama, paling satu setengah jam akan selesai mencakup ini semuanya," sambungnya.

Lebih lanjut lagi, upacara pembukaan yang akan digelar di Stadion Lukas Enembe di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, itu akan menggunakan 3 pintu sebagai akses masuk ke dalam stadion.

"Tempat itu kan hanya mempunyai satu jalur utama, yang dari dan menuju, hanya memang kita sudah merencanakan pada saat awal membangun stadion itu kita ingin agar ada pintu masuk lebih dari satu, kita pengalaman dulu di PON-PON sebelumnya," paparnya.

"Jadi perlu akses masuk ke dalam stadion itu lebih dari satu, sehingga pembagiannya ada yang nanti di atur melalui sebelah kiri stadion, ada yang di atur di sebelah kanan stadion, sementara pintu utama akan digunakan oleh VIP dan VVIP," tambahnya.

Sementara itu, untuk pengamanan secara keseluruhan, Suwarno mengatakan persiapan sudah dilakukan dalam bentuk operasi yang diatur oleh jajaran Polda Papua, serta jajaran Kodam Cenderawasih.

"Saya sangat yakin kepada kemampuan dari dua institusi ini, dan sekaligus bertanggung jawab kepada kita semuanya dalam pengamanan kegiatan PON," kata Suwarno.

Selain itu, Bupati dan Wali Kota Jayapura juga telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat agar dapat memberikan dukungan untuk PON Papua.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X