The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil F1 Arab Saudi: Insiden Tabrakan Mick Schumacher Hingga Hamilton Keluar Sebagai Juara
Balapan F1 GP Arab Saudi (REUTERS/Hamad I Mohammed)
Sport

Hasil F1 Arab Saudi: Insiden Tabrakan Mick Schumacher Hingga Hamilton Keluar Sebagai Juara

Senin, 06 Desember 2021 09:21 WIB 06 Desember 2021, 09:21 WIB

INDOZONE.ID - Balapan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Arab Saudi yang berlangsung Senin (6/12/2021) dini hari WIB tadi diwarnai sejumlah drama. Mulai dari insiden tabrakan Mick Schumacher hingga Lewis Hamilton yang keluar sebagai pemenang usai bersaing sengit dengan sang rival, Max Verstappen.

Saling berpacu jet darat di Sirkuit Corniche Jeddah, Hamilton mengungguli Verstappen yang finis di urutan kedua. Kini, pembalap Mercedes itu memiliki poin yang sama dengan sang pembalap Red Bull yang sebelumnya unggul 8 angka yakni, 369,5.

Sementara itu, rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas melengkapi podium dengan finis di posisi 3 usai menyalip Esteban Ocon tepat sebelum balapan berakhir.

Ketika balapan menginjak lap ke-10, sebuah insiden terjadi di mana mobil pembalap Haas, Mick Schumacher menabrak salah satu pagar pembatas di sirkuit Corniche sehingga rusak.

Putra dari Michael Schumacher itu mengalami kecelakaan tunggal di tikungan 23 dalam kecepatan yang cukup tinggi sehingga safety car dikeluarkan untuk pertama kalinya.

Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, yang start P1 dan P2, memanfaatkan periode safety car pertama itu untuk pitstop berganti ban hard sedangkan Red Bull memilih membiarkan Verstappen di trek demi posisi terdepan.

Tiga lap berselang, race director memutuskan untuk menghentikan sementara balapan untuk melakukan perbaikan pagar pembatas yang mengalami kerusakan setelah tabrakan.

Selain insiden tabrakan Mick Schumacher, kecelakaan kembali terjadi dan melibatkan Sergio Perez, George Russel dan Nikita Mazzepin yang membuat bendera merah berkibar lagi dan balapan dihentikan.

Baca Juga: F1 GP Arab Saudi: Hamilton Rebut Pole Position, Verstappen Tabrak Pagar Pembatas

Sedikitnya 3 kali periode virtual safety car juga diberlakukan karena sejumlah pembalap mengalami tabrakan yang menyebabkan trek dikotori oleh serpihan mobil.

Hingga lap ke-29, Verstappen masih memimpin balapan mengungguli Hamilton dan Ocon yang membuntuti di posisi 2 dan 3.

Ketika balapan tersisa 11 lap, terjadi persaingan sengit antara Hamilton dan Verstappen. Pembalap Inggris itu berusaha menyalip rivalnya dan sang pembalap Belanda keluar dari trek sehingga mendapatkan penalti 5 detik. 

Setelah itu, Hamilton yang mencoba mendahului malah menabrak bagian belakang mobil Verstappen. Beruntung kontak itu tidak menyebabkan kecelakaan dan mobilnya hanya sedikit oleng. 

Lewis Hamilton
Lewis Hamilton menangkan GP Arab Saudi (REUTERS/Hamad I Mohammed)

Saat 6 lap balapan tersisa, Hamilton akhirnya berhasil menyalip Verstappen dan bisa mempertahankan posisinya hingga balapan selesai. Sementara Bottas mampu mengamankan posisi ketiga usai meng-overtake­ Ocon di tikungan terakhir.

Verstappen terlihat kesal dan memilih untuk tidak melakukan perayaan di podium setelah menerima piala runner-up.

"Banyak hal yang terjadi yang saya tidak sepakati, tapi saya mengerahkan segalanya. Ini akan ditentukan (di Abu Dhabi) jadi semoga semua mendapati akhir pekan yang baik," kata pembalap Belanda itu.

Dengan demikian, juara F1 2021 akan ditentukan pada balapan terakhir di GP Abu Dhabi pekan depan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US