The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cerita dari SEA Games 2021: Nama 'Nguyen' Pasaran di Vietnam, Termasuk di Kalangan Atlet
Pebasket timnas Malaysia Chun Hong Ting (kiri) berusaha memasukkan bola dihadang pebasket Vietnam Huynh Phu Vinh Nguyen (tengah) di ABL Pre-SEA Games Challenge. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Sport

Cerita dari SEA Games 2021: Nama 'Nguyen' Pasaran di Vietnam, Termasuk di Kalangan Atlet

Jumat, 20 Mei 2022 15:39 WIB 20 Mei 2022, 15:39 WIB

INDOZONE.ID - Berbicara soal SEA Games 2021, ada ragam cerita menarik dari berbagai sisi. Salah satunya, nama orang yang paling umum dijumpai di Vietnam. Adalah nama 'Nguyen' yang terbilang pasaran di negeri tuan rumah SEA Games edisi ke-31 ini.

Dilansir Antara, Jumat (20/5/2022), saking populernya nama 'Nguyen' di Vietnam, mulai dari driver ojek online (ojol) sampai atlet punya nama ini.

Menurut cerita warga Hanoi, Do Quyen, nama Nguyen datang dari Ho Chi Minh, seorang tokoh revolusi dan negarawan Vietnam, yang kemudian menjadi Perdana Menteri dan Presiden Vietnam Utara, yang juga merupakan salah satu politisi paling berpengaruh pada abad ke-20.

Dia memiliki nama asli Nguyen Sinh Cung, dan juga dikenal sebagai Nguyen Tat Thanh dan Nguyen Ai Quoc. Kendati begitu, tidak serta merta bahwa seluruh pemilik nama Nguyen memiliki hubungan darah dengan Paman Ho.

Baca Juga: Bawa Pulang Perak, Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Puasa Medali Emas SEA Games Sejak 2007

Menurut keterangan dari berbagai sumber, dahulu beberapa orang dengan sengaja mengubah nama mereka menjadi Nguyen agar dianggap memiliki hubungan dengan Paman Ho untuk bersembunyi dibalik kekuasaan Paman Ho.

Sementara itu, dari data situs web berbahasa Vietnam yang ditunjukkan Quyen, sebanyak 38,4 persen warga memiliki nama 'Nguyen'. Nama tersebut berada di peringkat teratas dari 14 nama keluarga yang ada di Vietnam.

Sedangkan nama keluarga Quyen, yaitu Do, berada di urutan ke-10 dengan hanya digunakan 1,4 persen dari masyarakat Vietnam.

Kemudian, dari penuturan seorang sopir di Vietnam, Nguyen Minh Hung, pria 30 tahun itu mengaku tidak mengetahui arti nama 'Nguyen'. Dia hanya tahu 'Nguyen' adalah nama keluarga yang diberikan ayahnya.

Di samping itu, nama 'Nguyen' juga populer di kalangan pemain timnas U-23 Vietnam untuk SEA Games 2021. Dari 20 nama, 7 di antaranya memiliki nama Nguyen atau sebanyak 35 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US