Valentino Rossi dan Kiprah 24 Tahun di Balapan Grand Prix

- Kamis, 2 April 2020 | 11:04 WIB
Valentino Rossi sudah 24 tahun berkarier di balapan grand prix. (REUTERS/Rafael Marrodan)
Valentino Rossi sudah 24 tahun berkarier di balapan grand prix. (REUTERS/Rafael Marrodan)

Tepat pada 31 Maret lalu kemarin, Valentino Rossi merayakan hari berbahagia. Bukan karena berulang tahun, tetapi karena The Doctor merayakan 24 tahun kariernya di balapan grand prix.

Rossi mengawali karier balapnya di kejuaraan dunia grand prix pada tahun 1996. Balapan kelas 125cc di Sirkuit Shah Alam, Malaysia, pada 31 Maret, menjadi balapan perdananya.

Pada balapan itu, Rossi gagal juara. Namun, pembalap asal Italia tersebut sudah membuat kejutan dengan menembus posisi enam besar.

Hanya butuh satu musim buat Rossi beradaptasi. Pada musim 1997, dia menjadi juara kelas 125cc bersama Aprilia.

Selang dua musim berikutnya, Rossi kembali menjadi juara. Kali ini dikelas 250cc, juga bersama Aprilia. Dia pun promosi ke kelas 500cc (sekarang MotoGP) pada musim 2000 bersama Honda.

Selama 21 musim berkarier di MotoGP, tujuh gelar juara dunia berhasil disabet Rossi. Baik bersama Honda ataupun Yamaha. Hanya saat bergabung dengan Ducati, The Doctor gagal jadi juara dunia.

Dalam 24 tahun berkarier di balapan grand prix, Valentino Rossi sudah melakukan 402 balapan. Sebanyak 234 di antaranya berakhir dengan podium, di mana 115 merupakan podium juara. Total, The Doctor mengoleksi sembilan gelar juara dunia balap grand prix.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X