The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nasib Olahraga Indonesia Bakal Sama Seperti Rusia Jika Sanksi WADA Diterapkan
Rusia membawa identitas ROC di Olimpiade Tokyo 2020 menyusul sanksi WADA sejak 2019 (Twitter/@olympics_russia)
Sport

Nasib Olahraga Indonesia Bakal Sama Seperti Rusia Jika Sanksi WADA Diterapkan

Jumat, 08 Oktober 2021 15:20 WIB 08 Oktober 2021, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Olahraga Indonesia bakal bernasib serupa dengan Rusia di Olimpiade Tokyo 2020 lalu jika sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) diterapkan.

Seperti diketahui, WADA baru saja menyatakan Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif pada Jumat (8/10/2021).

Akibatnya, Indonesia terancam tidak diperbolehkan menggelar ajang olahraga internasional, baik regional, kontinental, dan dunia.

Selain itu, atlet Indonesia yang bertanding di luar negeri tidak boleh membawa, menunjukkan, dan menggunakan identitas serta atribut berkaitan Indonesia seperti lagu kebangsaan, bendera nasional, dan lambang negara.

Sanksi tersebut sudah dialami oleh Rusia di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Kasus itu bermula pada 2019, saat itu WADA menyatakan Rusia terbukti bersalah atas manipulasi data penyelidikan antidoping terhadap atlet-atletnya.

Akibatnya, Rusia dijatuhkan hukuman larangan tampil di ajang olahraga internasional selama empat tahun.

Namun oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), sanksi tersebut dipotong menjadi dua tahun hingga berakhir pada Desember 2022 mendatang.

Dengan adanya pemotongan masa sanksi, atlet Rusia diperbolehkan berlaga di ajang olahraga internasional, namun dilarang menunjukkan dan menggunakan identitas serta atribut berkaitan Rusia seperti lagu kebangsaan, bendera nasional, dan lambang negara.

Sanksi itu dijalankan Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Rusia membawa identitas ROC (Russian Olympic Committee), menggunakan simbol ROC yang melambangkan api olimpiade berwarna garis putih, biru, dan merah, serta merupakan warna bendera nasional.

Serta memakai musik komposer Pyotr Tchaikovsky, khususnya Konser Piano No. 1 untuk menggantikan lagu kebangsaan Rusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US