Tak seperti Badan Olahraga Lain, FIA Bolehkan Pebalap Rusia Tetap Berkompetisi

- Rabu, 2 Maret 2022 | 14:53 WIB
Mobil balap tim Haas milik pebalap Rusia, Nikita Mazepin. (REUTERS/Albert Gea)
Mobil balap tim Haas milik pebalap Rusia, Nikita Mazepin. (REUTERS/Albert Gea)

Berbeda dengan badan olahraga dunia lainnya yang memboikot atlet Rusia dari turnamen internasional, badan motorsport dunia (FIA) menyatakan pebalap asal Rusia dan Belarus masih dapat berkompetisi sebagai pihak netral. Meski begitu, FIA turut mengutuk invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Keputusan tersebut diambil menyusul pertemuan luar biasa dari Dewan Motor Sport Dunia (WMSC) FIA, Selasa (1/3/2022) yang membahas perang Rusia-Ukraina.

FIA mengklaim, pebalap Rusia dan Belarus dibolehkan turut serta dalam berbagai kejuaraan, namun tidak diperbolehkan mengenakan simbol, warna, atau bendera negara dalam seragam, peralatan dan mobil mereka.

Pertemuan itu juga memastikan pembatalan Grand Prix Rusia tahun ini.

Baca Juga: Bukannya Atur Strategi, Pemain NBA All-Star Tertangkap Kamera Malah Berjudi di Ruang Ganti

"Kami mengutuk invasi Rusia ke Ukraina dan kami bersama mereka yang menderita dampak peristiwa tersebut di Ukraina," kata presiden FIA Mohammed Ben Sulayem dalam laman resmi Formula 1, Rabu (2/3/2022).

Keputusan Dewan Motor Sport Dunia itu membuat Nikita Mazepin, satu-satunya pebalap Rusia di grid, tetap membalap dalam ajang Formula 1.

Pebalap berusia 22 tahun itu sudah membalap dengan bendera netral menyusul sanksi doping yang dijatuhkan kepada Rusia.

Akan tetapi, dia masih menghadapi masa depan yang belum jelas setelah tim Haas mencopot seluruh branding yang terkait Uralkali, perusahaan pupuk kimia Rusia yang menjadi sponsor utama, dari mobil VF-22 saat sesi tes pramusim di Barcelona pekan lalu.

Sebelumnya, badan sepak bola dunia (FIFA) dan badan sepak bola Eropa (UEFA) melarang timnas dan klub Rusia tampil di semua kompetisi, termasuk Piala Dunia 2022. Selain itu, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) juga tidak mengizinkan pebulu tangkis Rusia dan Belarusia mengikuti turnamen internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X