Curhatan Valentino Rossi Jelang Balapan MotoGP Terakhir dalam Kariernya

- Rabu, 10 November 2021 | 08:48 WIB
Valentino Rossi mengakhiri karier balapnya dalam 25 tahun di MotoGP Valencia MotoGP - Emilia Romagna Grand Prix - Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano, Italy - October 24, 2021 Petronas Yamaha SRT's Valentino Rossi reacts after the race (REUTERS/
Valentino Rossi mengakhiri karier balapnya dalam 25 tahun di MotoGP Valencia MotoGP - Emilia Romagna Grand Prix - Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano, Italy - October 24, 2021 Petronas Yamaha SRT's Valentino Rossi reacts after the race (REUTERS/

Valentino Rossi akan resmi mengakhiri 25 tahun karier balapnya di MotoGP pada balapan Valencia yang akan berlangsung Minggu (14/11/2021).

MotoGP Valencia akhir pekan ini akan menjadi balapan MotoGP terakhir Rossi yang memutuskan untuk pensiun. Juara dunia sembilan kali itu sebelumnya finis ke-13, satu tempat di belakang adiknya, Luca Marini, MotoGP Algrave, Portugal.

Baca Juga: Catat! Berikut Jadwal MotoGP Valencia 2021: Balapan Perpisahan Valentino Rossi

The Doctor, julukan Rossi, mengamankan poin ketiganya berturut-turut. Rossi mampu finis dan pencapaian terbaiknya ialah finis di posisi ke-12 saat MotoGP Misano.

Meskipun tahun 2021 bukan merupakan musim terburuknya di kelas MotoGP, namun menjadi musim di mana rider Italia itu untuk pertama kalinya tidak pernah naik podium dalam satu musim penuh. Meski begitu, Rossi tetap akan meninggalkan jejak di motoGP sebagai legenda, melebihi pembalap manapun.

Kehadiran Rossi mampu menarik penggemar untuk datang menyaksikan langsung aksinya di sirkuit. Penampilan luar biasa seperti di Laguna Seca (2008), Catalunya (2009) atau Silverstone (2015) plus persaingan sengitnya dengan pembalap lain seperti Sete Gibernau, Max Biaggi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan terutama Marc Marquez, Rossi tidak diragukan lagi menjadi kapitalis dalam membuat MotoGP mendunia seperti sekarang ini.

Berbicara menjelang balapan terakhirnya, pria berusia 42 tahun itu menganggap akhir pekan ini akan menjadi istimewa untuknya.

 "Valencia selalu menjadi akhir pekan yang spesial dan bisa menjadi balapan yang sulit dalam aspek yang berbeda, terutama karena selalu menjadi putaran final tahun ini selain dari tahun lalu ketika kami berakhir di Portugal," ujar Rossi seperti dilansir dari Crash.

“Namun, Valencia adalah tempat di mana saya merasakan hal-hal menyenangkan. Saya berharap cuaca baik di sana sehingga kami dapat fokus untuk mengakhiri balapan terakhir di 15 besar dan mengambil beberapa poin lagi," beber Rossi.

Rossi menyebut tak ada yang berbeda meski ia akan membalap di MotoGP untuk terakhir kalinya akhir pekan ini. Namun, Rossi pembalap Petronas Yamaha itu yakin hari-harinya akan berbeda saat sudah benar-benar pensiun nanti.

“Meskipun ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP, saya merasa normal dan saya pikir tidak apa-apa, terutama karena ini adalah musim yang sangat panjang; mungkin hari-hari setelah akhir pekan akan berbeda tahun ini, tapi kita lihat saja nanti.

"Saya harap saya akan memiliki kesempatan untuk mengatakan 'ciao' kepada penggemar saya dengan cara yang baik dan mengucapkan terima kasih atas dukungannya."

Mulai 2022 dan seterusnya Rossi akan memulai kariernya di balapan roda empat, namun masih belum diketahui kejuaraan apa yang akan diikutinya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X