Djokovic Tak Setuju Petenis Rusia Dilarang Tampil di Wimbledon, Ini Katanya..

- Jumat, 22 April 2022 | 04:45 WIB
Petenis Djokovic. (REUTERS)
Petenis Djokovic. (REUTERS)

Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic mengkritik keputusan penyelenggara yang melarang petenis Rusia dan Belarus tampil dalam turnamen Wimbledon tahun ini, sebagai sanksi atau invasi ke Ukraina.

Petenis asal Serbia itu menegaskan dirinya tidak setuju dengan perang. Namun jika melarang atlet berkompetisi, menurut Djokovic suatu ketidakadilan.

"Saya akan selalu mengutuk perang, saya tidak akan pernah mendukung perang karena saya sendiri adalah anak perang," kata Djokovic dalam acara ATP di Beograd seperti dikutip AFP, Kamis.

"Saya tahu berapa banyak trauma emosional yang ditinggalkan. Di Serbia, kita semua tahu apa yang terjadi pada 1999. Di Balkan, kita mengalami banyak perang dalam sejarah baru-baru ini."

"Namun, saya tidak bisa mendukung keputusan Wimbledon, saya pikir itu gila. Pemain, tenis, atlet tidak ada hubungannya (perang). Kalau politik mencampuri olahraga, hasilnya tidak bagus."

Sebelumnya, All England Lawn Tennis Club (AELTC) yang menjadi penyelenggara Wimbledon menyatakan keputusan ini dilakukan untuk membatasi pengaruh global Rusia dengan cara sekuat mungkin.

Akan tetapi, asosiasi tenis putra dan putri, ATP dan WTA, juga mengkritik larangan tersebut dengan mengatakan keputusan itu "tidak adil" dan "sangat mengecewakan."

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X