Faktor Cedera dan Keamanan, PBSI Tarik 8 Ganda Putri dari Orleans Masters 2022

- Selasa, 29 Maret 2022 | 15:07 WIB
Ilustrasi bola bulu tangkis. (Unsplash/@stero)
Ilustrasi bola bulu tangkis. (Unsplash/@stero)

Sebanyak 8 pebulutangkis ganda putri Pelatnas Cipayung ditarik mundur dari turnamen Orleans Masters 2022 yang bergulir mulai 29 Maret-3 April di Prancis. Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) membuat keputusan itu terkait dengan alasan kesiapan fisik hingga faktor keamanan.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala pelatih ganda putri PP PBSI Eng Hian lewat Selasa (29/3/2022).

"Untuk Apriyani, Ribka, dan Putri Syaikah masih dalam proses penyembuhan cedera. Jadi saya memutuskan untuk menarik keikutsertaan mereka di Orleans," kata Eng Hian dikutip dari Antara.

Faktor lainnya ialah keamanan, yang berkaitan dengan program turnamen dari Eng Hian yang mengharuskan anak didiknya mengikuti kompetisi lanjutan di kawasan Eropa.

Baca Juga: Sosok Farah Ann, Ratu Senam Artistik yang Kini Banting Setir Jadi Model Iklan

"Sebenarnya dalam program turnamen saya ada turnamen lanjutan yaitu Polish International Challenge. Karena situasi tidak aman maka PBSI tidak jadi mengikuti turnamen itu. Menurut saya tidak sepadan kalau hanya satu turnamen ke Eropa dengan melihat waktu perjalanan dan evaluasi target performa," paparnya.

Adapun kedelapan ganda putri yang ditarik dari Orleans Masters 2022 yakni Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Melani Mamahit/Tryola Nadia, Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro, Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari, dan Kelly Larissa/Savira Nurul Husnia.

Lebih lanjut, Eng Hian menjelaskan bahwa pemain muda peringkatnya masih di atas "top 100", jadi perlu turnamen yang sifatnya lanjutan. Oleh karenanya, PBSI sudah membuat program turnamen untuk mereka di bulan Juni nanti.

"Pemain yang diprogramkan untuk mengikuti Orleans Masters ini kan yang peringkatnya masih di atas 100 dan perlu turnamen lebih banyak dengan level yang sesuai dengan kapasitas mereka sekarang," katanya.

"Program turnamen akan saya pindah ke turnamen di bulan Juni nanti," pungkasnya.

Selain ganda putri, ganda putra Teges Satriaji Cahyo Hutomo/Christopher David Wijaya juga mundur dengan alasan yang kurang lebih sama. Ada juga Gregoria Mariska Tunjung yang ditarik karena masih tahap pemulihan setelah terpapar Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X