Pebasket Legendaris Indonesia Wendha Wijaya Resmi Gantung Sepatu

- Kamis, 15 Desember 2022 | 18:52 WIB
Pebasket Indonesia Wendha Wijaya. (Instagram/@wendhawijaya)
Pebasket Indonesia Wendha Wijaya. (Instagram/@wendhawijaya)

Pebasket legendaris Indonesia, Wendha Wijaya, telah memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun. Wendha pensiun usai 21 tahun berkarier sebagai pebasket profesional dengan Dewa United Banten sebagai pelabuhan terakhir.

"Terjun di dunia Liga Basket Nasional Indonesia selama 21 tahun, bukan waktu yang singkat bagi saya dan sampai hari ini saya banyak bersyukur hal ini menjadi pengalaman hidup yang luar biasa," kata Wendha, seperti disadur dari Antara, Kamis (15/12/2022).

"Menang, juara, kalah, cedera itu hal yang terjadi di dalam karier saya di dunia basket. Saya meyakini semua ini ada hikmahnya. Yang terpenting doa, usaha dan kerja keras sudah dilakukan," ujarnya menambahkan.

Pebasket yang akrab disapa Pak We itu juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar IBL, Perbasi, dan sejumlah klub yang sempat diperkuatnya selama berkarier.

Baca Juga: Piala Dunia FIBA 2023: Erick Thohir Ingin Tim-tim Papan Atas Basket Main di Indonesia

Dia berharap, perjalanan panjang kariernya sebagai pebasket profesional bisa menginspirasi banyak orang, khususnya para pemain muda.

"Terima kasih semuanya, semoga perjalanan hidup saya dapat menginspirasi orang banyak khususnya di bidang olahraga basket. Maju terus basket Indonesia," ujar Pak We.

-
Pebasket Indonesia Wendha Wijaya. (Instagram/wendhawijaya)

Usai pensiun, Pak We memberikan sinyal tak lantas meninggalkan dunia bola basket yang telah membesarkan namanya. Dia mengungkapkan akan tetap memberikan kontribusi, terutama di Dewa United Banten pada IBL 2023 nanti.

"Sekarang saya akan mengambil peran untuk membantu Dewa United, bersama Coach Maxi dan seluruh jajaran pemain, ofisial, serta manajemen," kata Wendha.

Baca Juga: Seru, IBL 2023 Bakal Suguhkan 240 Pertandingan Reguler 

Sebelum menjejaki level profesional, Wendha lebih dulu bergabung dengan klub basket Halim Kediri.

Selepas itu, dia tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada 1999 dengan mempersembahkan medali emas untuk Jawa Timur. Satu tahun berselang, Satria Muda menawarinya untuk bergabung dengan tim junior.

Lalu, Wendha pun menjalani debut profesional pada 2001 saat promosi ke tim utama utama Satria Muda untuk berlaga di Kobatama.

Dia bermain 10 tahun bersama Satria Muda hingga 2010. Setelah itu, pindah ke Garuda Bandung sampai 2017, lalu pindah ke NSH Jakarta. Tahun 2019 dia berlabuh ke Louvre yang kemudian kini berubah identitasnya menjadi Dewa United Banten.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X